Momen Almarhum Mbah Moen Saat Makan Nasi Kebuli di Mekkah

Riska Fitria - detikFood Kamis, 08 Agu 2019 13:45 WIB
Foto: dok.detikcom Foto: dok.detikcom
Jakarta - Sebelum wafat di Mekkah, Mbah Moen sempat mencicipi nasi kebuli khas dari Arab. Kenangan itu menjadi momen tak terlupakan bagi kerabatnya.

Pasca kepergian KH Maimun Zubair atau yang akrab dipanggil Mbah Moen pada selasa(6/8) masih menyisakan duka yang mendalam. Mbah Moen dikabarkan meninggal saat menjalankan rangkaian Ibadah Haji di Mekkah, Arab Saudi.

Saat berada di Mekkah kemarin, tepatnya dua hari sebelum Mbah Moen meninggal, Mbah Moen sempatkan mencicipi nasi kebuli yang merupakan makanan khas Arab Saudi. Hal itu disampaikan oleh Wasekjen PPP, Achmad Baidowi yang juga ikut makan bersama.
Momen Almarhum Mbah Moen Saat Makan Nasi Kebuli di MekkahFoto: Achmad Baidowi

"Saya ada kesempatan makan nasi kebuli bersama beliau," kata Achmad Baidowi kepada detikFood (7/8).

Mengingat itu, nasi kebuli merupakan makanan khas dari Arab Saudi. Nasi kebuli dikenal sebagai hidangan nasi yang berbumbu dengan citarasa rempah yang gurih. Rempah-rempah tersebut seperti bawang putih, bawang merah, cengkeh, jinten, ketumbar, pala, lada hitam hingga kayu manis.

Baca Juga : Malam Ini Enaknya Makan Nasi Kebuli yang Gurih Berempah

Biasanya nasi kebuli khas Arab dihidangkan hangat dengan potongan daging kambing goreng. Namun, saat itu Mbah Moen tidak menikmati nasi kebuli daging kambing, melainkan daging ayam.
Momen Almarhum Mbah Moen Saat Makan Nasi Kebuli di MekkahFoto: dok.detikcom

"Yang itu pakai ayam," kata Achamad Baidowi.

Hidangan nasi kebuli umumnya disajikan dalam wadah besar dan dimakan beramai-ramai. Karena hidangan tersebut biasa dinikmati untuk merayakan hari perayaan besar, seperti hari lebaran, Maulid Nabi, Isra Mi'raj, acara pernikahan dan lain-lain.

Momen makan nasi kebuli Mbah Moen, Achmad Baiwodi dan beberapa kerabatnya tersebut dilakukan di kamar Mbah Moen sendiri. Nasi kebuli itu dinimati mereka dalam porsi kecil, yaitu satu orang satu piring.

Meskipun begitu, momen makan nasi kebuli bersama Mbah Moen menjadi kenangan tersendiri bagi Achmad Baidowi yang saat itu sedang berada di Mekkah juga.

Baca Juga : Wangi Semerbak Nasi Kebuli Berempah untuk Santap Siang

Simak Video "Gurih-gurih Sedap Nasi Kebuli yang Praktis untuk Berbuka"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)