Olahan Daging Idul Adha

Jangan Sedih Jika Dapat Tulang Kambing dan Sapi, Ini Cara Mengolahnya

Devi Setya - detikFood Rabu, 07 Agu 2019 18:20 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Bukan hanya daging, bagian tulang kambing dan sapi juga bisa diolah jadi makanan enak. Masak saja jadi sup kaldu hingga tengkleng yang mantul.

Jika saat Idul Adha mendapat paket tulang kambing dan sapi, jangan merasa sedih karena bagian tulangan ini juga bisa jadi masakan enak. Sebelum memasak tulangan kambing dan sapi, simak dulu tipsnya.

1. Pisahkan tulang kambing dan sapi
Jangan Sedih Jika Dapat Tulang Kambing dan Sapi, Ini Cara Mengolahnya Foto: iStock

Meskipun sama-sama berbentuk tulang, tapi sebelum diolah sebaiknya pisahkan antara tulang sapi dan tulang kambing. Untuk membedakannya, cukup dengan melihat ukuran tulang.

Biasanya tulang sapi punya ukuran yang besar-besar, sementara tulang kambing cenderung lebih kecil. Bisa juga dikenali dari daging yang menempel pada tulang, daging sapi terlihat lebih merah dengan serat daging yang halus.

Baca juga : Tulang-tulang Sapi Juga Bisa Diolah Jadi Kaldu Lezat

2. Cuci hingga bersih
Berbeda dengan daging, tulangan sebaiknya dicuci lebih dahulu sebelum diolah. Apalagi biasanya terdapat kotoran dari tulang hewan kurban seperti tanah atau percikan darah.

Cuci tulang di bawah air mengalir hingga bersih. Setelah bersih, tulang bisa langsung diolah. Tulang yang bersih juga mempengaruhi kejernihan kaldu yang dihasilkan.

3. Rebus jadi kaldu sup
Jangan Sedih Jika Dapat Tulang Kambing dan Sapi, Ini Cara Mengolahnya Foto: Fox News

Kaldu jadi masakan yang paling bisa diandalkan dibuat menggunakan tulangan. Rebus tulang selama beberapa jam hingga menghasilkan kuah kaldu yang gurih.

Supaya rasanya sedap, bumbui kaldu dengan bawang bombay, bawang putih, lada dan daun bawang. Khusus untuk tulang kambing, disarankan untuk menambah bumbu aromatik lebih banyak, seperti jahe, lengkuas hingga daun jeruk untuk mengurangi aroma prengus.

Kaldu ini bisa langsung diolah jadi sup, apalagi kalau dapat tulangan yang berisi sum-sum. Tambahkan bahan isian seperti wortel, kentang dan lainnya. Kuah kaldu juga cocok dijadikan untuk kuah bakso.

Kalau mau bikin kaldu sup tulang yang gurih dan enak,coba cek resep lengkapnya di sini.

Baca juga : Yuk, Bikin Kuah Bakso dari Tulang Sapi yang Enak!

4. Masak jadi hidangan enak
Jangan Sedih Jika Dapat Tulang Kambing dan Sapi, Ini Cara Mengolahnya Foto: Instagram

Mau hidangan yang lebih kaya rasa? Banyak makanan enak yang bisa diolah dari tulang sapi maupun kambing. Sebut saja gulai, kari hingga tengkleng.

Kombinasikan berbagai bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, sereh dan berbagai rempah untuk membuat hidangan yang berbumbu medok. Kuah kaldu tulangan ini dijamin membuat rasanya semakin gurih sedap, apalagi saat disantap hangat.

Tengkleng khas Solo yang sedap berbumbu pekat bisa dicoba dengan resep ini.

Simak Video "Olahan Kambing Instan untuk Momen Idul Adha di Masa Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com