Sajian Lezat Idul Adha

Tulang-tulang Sapi Juga Bisa Diolah Jadi Kaldu Lezat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 10 Sep 2016 09:45 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Sajian Lezat Idul Adha
Jakarta - Tulang iga dan tulang kaki sapi biasanya kurang diminati saat hari raya. Cobalah olah jadi kaldu enak.

Daging dan jeroan sapi selalu jadi favorit untuk diolah saat hari raya kurban. Kalau ada banyak tulang kaki atau tulang iga disisihkan, bisa Anda olah jadi kaldu dan sup enak.

Tulang kaki sapi umumnya berbentuk agak panjang dan utuh. Agar bisa masuk ke dalam panci, potong menjadi dua atau tiga bagian. Bisa dipotong dengan pisau daging atau digergaji.


Cuci bersih semua tulang, pastikan tak ada sisa darah yang menempel lalu tiriskan. Jika ada remah otot dan lemak, jangan dikerok, biarkan menempel.

Didihkan air dalam panci besar, minimal volume 5 liter. Masukkan potongan tulang kaki sapi dan kecilkan api. Setelah mendidih beberapa saat, matikan api. Angkat tulang sapi dan buang airnya.

Tuangkan air bersih dalam panci dan didihkan kembali. Masukkan potongan tulang sapi dan kecilkan api. Masak hingga mendidih selema 15 menit dan busa serta kotoran muncul di permukaan. Angkat busa kecokelatan dan kotoran.


Sebagai penambah rasa kaldu, siapkan 1 buah wortel besar yang dipotong dua atau 3 bagian, 1 butir bawang bombay yang dipotong kasar, 3 tangkai seledri, ikat dan 2 sdt merica butiran.

Masukkan seluruhnya ke dalam rebusan tulang dan didihkan perlahan hingga setengah kuahnya menyusut.

Angkat tulang sapi dan saring kaldunya ke dalam panci bersih. Keruk isi tulang atau sumsum dari bagian dalam tulang. Kerok pinggiran otot dan lemak yang menempel pada tulang hingga bersih.


Masukkan ke dalam panci berisi kaldu. Didihkan sebentar. Kaldu ini siap diolah menjadi sup yang enak.

Tinggal tambahkan sayuran seperti potongan wortel, kentang, daun bawang, kapri manis, brokoli, tomat dan sayuran lainnya.

Tambahkan garam terakhir pada masakan agar rasa gurihnya tak berlebihan. Jika akan dibekukan, taruh kaldu dalam kantong plastik untuk satu kali penyajian. Bekukan dalam freezer.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Sajian Lezat Idul Adha

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com