Bakso Gurih Enak

Yuk, Bikin Kuah Bakso dari Tulang Sapi yang Enak!

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 29 Jul 2016 13:08 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Bakso Gurih Enak
Jakarta - Selain dari daging berlemak, kuah bakso bisa dibikin dari tulang sapi. Asal tahu triknya kuah ini lebih gurih enak.

Bakso kuah yang enak selain baksonya, kaldu atau kuah bakso juga harus gurih enak. Umumnya kuah bakso dibuat dari daging tetelan atau sayatan dengan lemak sapi. Bisa juga dari tulang iga sapi.

Tetapi banyak penjual bakso membuat kuah dari tulang kaki sapi. Kaldunya lebih bening, tak terlalu berlemak dan ada remahan sumsum yang gurih. Kalau ingin membuat sendiri, ikuti beberapa langkah ini.

1.Tulang
Kalau membuat kaldu tulang kaki sendiri juga tak sulit. Untuk kaki sapi, beli pada penjual daging sapi di pasar tradisional. Umumnya dijual utuh. Beli satu atau dua tulang utuh. Mintalah penjual untuk memotong menjadi dua atau 3 bagian agar mudah masuk ke dalam panci perebus. Cuci bersih tulang sapi terutama untuk menghilangkan bekas darah yang menempel di tulang.

2. Bumbu
Bahan lain yang perlu disiapkan, bawang putih, jumlahnya sesuaikan dengan banyaknya kaldu. Memarkan kasar bawang putih. Merica butiran dan kaldu ayam instan serta garam secukupnya.

3. Rebus
Siapkan air dalam panci besar, untuk 1 buah tulang bisa dipakai 3 liter air. Masukkan potongan tulang kaki sapi, didihkan sebentar. Angkat, buang air perebusnya. Rebus kembali tulang dengan air bersih berjulah sama. Didihkan dengan api kecil. Tambahkan bawang putih dan merica dan masak terus hingga kaldu berkurang seperempat bagian.

4. Saring
Angkat dari api dan saring kaldu. Keruk-keruk daging dan otot yang menempel pada tulang. Jika suka, keruk juga sumsum yang ada dalam tulang. Campurkan ke dalam kaldu. Masak kembali kaldu dan tambahkan 2 sdm atau 2 blok kaldu ayam dan garam secukupnya. Didihkan sebentar lalu angkat. Kaldu siap dipakai untuk kuah bakso. (odi/odi)
FOKUS BERITA Bakso Gurih Enak