Empuk Dingin Es Krim Sandwich Punya 6 Fakta Menarik Ini

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 07 Agu 2019 10:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Es krim sandwich jadi kegemaran banyak orang. Selain tidak gampang meleleh, es krim ini memiliki 6 fakta lain yang mungkin belum Anda ketahui.

Dilansir dari MSN (4/8), es krim sandwich dikenal sebagai es krim vanilla yang diapit dua potong biskuit cokelat. Namun kini variasinya semakin berkembang dengan pilihan rasa yang makin banyak. Di balik kepopulerannya, ada fakta menarik soal es krim sandwich seperti berikut:

Baca Juga: Es Krim Angi: Creamy Alami Es Krim Legendaris Pontianak

1. Pedagang kaki lima di Kota New York mulai menjual es krim sandwich pada akhir tahun 1800-an

Meskipun tidak ada tanggal pasti yang bisa menentukan kapan pertama kali es krim sandwich ditemukan, namun penulis makanan Jeri Quinzio mengatakan kepada The Boston Globe bahwa versi pertama es krim ini ialah pada pergantian abad ke-20 ketika pedagang kaki lima berjualan di Bowery di New York City. Saat itu, roti lapis sederhana ini hanya berupa es krim yang disatukan dengan dua lembar kertas.

Empuk Dingin Es Krim Sandwich Punya 6 Fakta Menarik IniFoto: iStock

2. Resep es krim sandwich pertama kali menggunakan sponge cake

Menurut Food Network, resep es krim sandwich pertama kali tidak disatukan dengan biskuit, melainkan dengan dua iris sponge cake yang empuk dan lembut.

3. Es krim sandwich dikenal sebagai dessert murah, tetapi sekarang tersedia di restoran kelas atas

Pada umumnya es krim sandwich dijual di pinggir jalan sehingga peminatnya biasanya pekerja. Bahkan karena kelezatannya, es krim ini cepat populer di kalangan pekerja Wall Street. Sehingga pada 19 Agustus 1899, New York Sun menyatakan "Para pekerja itu harus membeli es krim sandwich dan perlu makan bersama para kurir dan office boy."

Namun siapa sangka ternyata banyak restoran kelas atas mulai menciptakan es krim sandwich di menu mereka. Namun supaya terlihat lebih mewah daripada yang biasa dijual di jalan, pelanggan di restoran menggunakan piring dan garpu ketika memakannya.

Empuk Dingin Es Krim Sandwich Punya 6 Fakta Menarik IniFoto: iStock

4. Es krim sandwich lahir di San Francisco.

Menurut Food Network, pada tahun 1928, seorang penjual es krim di San Francisco berjualan es krim yang kemudian diapit di antara sepasang biskuit gandum kemudian mencelupkan semuanya ke dalam cokelat. Maka dari sinilah bisa dikatakan bahwa es krim sandwich lahir, meskipun dahulu menggunakan biskuit gandum.

5. Penjual makanan di Baseball Stadium mendapat banyak pujian karena menurut Wikipedia mereka-lah yang menciptakan es krim sandwich

Bisa dikatakan mereka yang menciptakan es krim sandwich, karena saat itu Jeremy Newberg penjual es krim di Pittsburgh, konon membuat sandwich es krim kotak rasa vanilla dan cokelat kemudian diletakkan di antara dua biskuit cokelat persegi panjang. Persis seperti es krim sandwich pada umumnya. Dia membuat dan menjual es krim ini di pertandingan bisbol di tahun 1940-an. Dari sinilah ia kerap disebut sebagai pencipta es krim sandwich.

Empuk Dingin Es Krim Sandwich Punya 6 Fakta Menarik IniFoto: iStock

6. Beberapa negara lain memiliki es krim sandwich dengan versi yang berbeda-beda

Meskipun es krim sandwich pertama diciptakan di Amerika, dessert ini ternyata telah menginspirasi negara lain seperti Australia, Irlandia, Singapura, Israel, Uruguay, Iran, dan Vietnam, namun dengan versi yang berbeda.

Di Iran, ada bastani-e nooni, yaitu es krim saffron dan air mawar yang disajikan di antara dua wafer dan dicelupkan ke dalam pistachio atau kacang. Sedangkan pedagang kaki lima di Vietnam menjual bánh mì kẹp kem, es krim yang dihancurkan di antara dua potong roti, dan di atasnya ditaburi kacang.

Baca Juga: Ini Sebabnya Es Krim Sandwich Lebih Tahan Leleh Dibanding Es Krim Cone


Simak Video "Suka Makan Es Krim Tapi Takut Gemuk? Coba Icip Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com