Es Krim Angi : Creamy Alami Es Krim Legendaris Pontianak

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 31 Jul 2019 14:00 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Pontianak - Udara panas Pontianak menyebabkan kita cepat sekali haus. Paling enak diredakan dengan menikmati satu porsi es krim legendaris dalam batok kelapa ini.

Es krim legendaris ada di beberapa kota di Indonesia. Seperti es krim Toko Oen di Semarang dan Malang, serta Es Krim Tip Top di Medan. Pembuatan es krim ini didapatkan dari warisan kolonial Belanda yang kemudian dikembangkan dengan rasa lokal.

Kalau kegerahan saat ada di kota katulistiwa Pontianak, mampirlah ke Es Krim Angi atau Es Krim A Ngi yang populer dengan sebutan Es Krim Petrus. Es krim ini sudah ada sejak tahun 1950 an. Disebut Es Krim Petrus karena lokasinya yang persis di seberang SMP dan SMA Petrus, Jl. Karel Satsuit Tubun, No. 8, Akcaya, Pontianak Selatan.


Es Krim Angi : Creamy Alami Es Krim Legendaris PontianakFoto: detikfood


Tak heran gerai yang buka sejak jam 08.00 sampai jam 17.00 ini selalu dipenuhi penggemar es krim. Meskipun sebagian besar adalah siswa SMP-SMA Petrus berikut keluarga dan alumninya yang pasti kepincut dengan rasa alami es krim di sini.

Semua orang bilang kalau kehausan di Pontianak, harus mampir ke Es Krim Angi. Apa Istimewanya es krim ini? Detikfood mencoba membuktikan kepopuleran es krim ini dengan mencicipinya langsung di gerai satu-satunya yang ada di Jl. Karet Satsuit Tubun, Pontianak.

Gerai yang menempati halaman rumah yang rindang ini sudah dipadati pengunjung. Sebagian duduk di area dalam dan sebagian di area teras luar yang semilir. Papan nama Es Krim Angi tak terlalu besar tertutup pepohonan.

Es Krim Angi : Creamy Alami Es Krim Legendaris PontianakFoto: detikfood


Di bagian depan terdapat area display aneka jajanan dan tempat meracik es krim. Rasa es krim yang ditawarkan, ada strawberry, cokelat, matcha, nangka, alpukat dan lainnya. Bisa ditambah isian atau topping seperti jelly, kacang merah, dan rumput laut.

Sedangkan buat ukuran porsinya bisa pilih, gelas kecil atau batok kelapa muda. Karena es krim dalam batok kelapa jadi favorit, maka kamipun memesan es krim nangka dan strawberry dengan topping jelly. Juga paduan matcha dan cokelat.

Di sudut gerai ini terlihat pegawai sibuk membelah kelapa muda dan langsung dipangkas bagian bawahnya sebagai tatakan. Batok kelapa langsung diisi topping dan es krim pilihan dan disajikan.

Es Krim Angi : Creamy Alami Es Krim Legendaris PontianakFoto: detikfood


Duduk di area luar semilir hangat udara Pontianak masih terasa. Sendokan pertama es krim terasa lumer di mulut. Jenis es krim kuno yang teskturnya tidak kental, tidak terlalu manis dengan rasa alami nangka yang enak.

Es krim strawberrynya terasa asam segar. Dipadu dengan jelly terasa makin nikmat. Jangan berlama-lama membiarkan es krim karena tak pakai bahan pengental es krim gampang lumer apalagi udara Pontianak terasa hangat. Sebelum habis benar, cobalah keruk tipis-tipis daging kelapa mudanya. Sendoki bersama sisa es krim yang sudah lumer. Wah, juara segarnya!

Es Krim Angi : Creamy Alami Es Krim Legendaris PontianakFoto: detikfood


Tak beda jauh dengan es krim cokelat yang rasa cokelat bubuknya kuat. Juga ea krim matchanya yang wangi semerbak. Memang paling mantap dinikmati dalam batok kelapa muda. Bakal dapat ekstra renyah segar daging kelapa muda.

Kalau mau jajan aneka kerupuk, keripik dan jajanan lain bisa langsung pilih. Ada talas stick, bika hingga aneka kerupuk ikan. Camilan ini bisa jadi teman makan es krim yang enak. Harga es krim gelas kecil Rp 12.500 batok kelapa Rp. 23.000. Kalau mau bawa pulang sebagai oleh-oleh juga bisa dikeas dalam kotak khusus dengan dty ice. Buat penggemar es krim dan dessert wajib cicipi es kim jadul di sini.

Es Krim ANgi
Jl. Karel Satsuit Tubun No.8 Kota
Pontianak
Kalimantan Barat
Jam Buka : 08.00 - 17.00
Telpon : 0815-45148282

Simak Video "Suka Makan Es Krim Tapi Takut Gemuk? Coba Icip Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)