4 Olahan Kentang Goreng Unik dengan Paduan Pizza dan Sandwich

Milla Kurniaputri - detikFood Senin, 05 Agu 2019 19:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Tak sekadar digoreng lalu dicocol saus, kentang di negara ini disajikan dengan cara unik. Ada pizza dan sandwich kentang goreng yang bisa dicoba.

Makanan berbahan dasar kentang memang disukai oleh semua kalangan. Bertekstur renyah dengan cita rasa gurih, kentang goreng bisa Anda dapatkan mulai di restoran cepat saji hingga restoran berbintang lima.

Dalam menyantap kentang goreng, biasanya hanya didampingi saus sambal atau mayonnaise. Namun tak semuanya disajikan dengan kedua saus tersebut, beberapa negara memiliki cara yang unik dalam menyajikan kentang goreng hingga menjadikannya menu utama.

Inilah beberapa negara yang menyajikan kentang goreng dengan cara unik, seperti dilansir dari SBS (26/7).

Baca Juga: Kalau Mau Tetap Sehat, Makan French Fries Cukup 6 Potong Saja



1. Pizza kentang goreng

4 Olahan Kentang Goreng Unik dengan Paduan Pizza dan SandwichFoto: Instagram

Foto: Instagram gradigroup

Pizza Viennese ialah pizza yang disajikan dengan topping kentang goreng. Mungkin terlihat seperti pizza kekinian yang baru diciptakan, tapi ternyata pizza ini adalah hidangan kuno Italia yang sudah lama ada menurut Oliver Kirkham, salah satu manajer restoran pizza di Australia yang menyajikannya.

"Pizza ini mungkin terlihat seperti makanan modern yang baru diciptakan, tetapi pizza ini sebenarnya telah populer di Naples dari 30 tahun yang lalu," katanya.

Meskipun awalnya banyak yang tidak menyetujui menu ini, karena kentang goreng disini memiliki tekstur yang lunak, namun pizza ini sangat disukai bagi kalangan anak-anak. Salah satu tempat yang menyajikannya adalah restoran 400 Gradi di Brunswick, Australia.

Mengenai nama, kata Viennese pada pizza ini berasal dari potongan sosis Vienna yang dulu jadi topping. Hanya saja di 400 Gradi mereka memakai sosis Italia (wurzel). Sementara kentang goreng akan ditambahkan setelah semua bahan pizza selesai dipanggang.



2. Lomo saltado kentang goreng

4 Olahan Kentang Goreng Unik dengan Paduan Pizza dan SandwichFoto: Instagram

Foto: Instagram bad.hombres.dining

Bad Hombres di Sydney mengkhususkan diri sebagai penyaji makanan vegan Meksiko. Untuk kentang goreng, mereka terinspirasi menyajikannya sebagai lomo saltado. Sajian ini sebenarnya berasal dari wilayah sejauh 4,700 kilometer selatan Meksiko, lalu mendarat di Peru hingga menjadi sajian populer di sana.

Menu ini mendapat pengaruh populasi Cina di negara itu. Menu ini biasanya berisi tumisan daging sapi, tomat dan bawang bombay, kemudian disajikan dengan nasi.

"Bagi saya, menciptakan menu ini adalah tantangan khusus dan memuaskan. Karena telah membuat versi nabati dari hidangan ini dengan sedikit sentuhan rasa Meksiko," kata chef Bad Hombres, Juan Carlos Miranda.

Daging sapi pada menu ini diganti jamur shimeji confit yang sangat gurih dan memiliki aroma asap enak. Disertai bawang Spanyol dan paprika jalapeƱo. Bumbunya memakai saus kedelai bebas gluten, cuka sari apel, dan oregano.



3. Chip Butty (sandwich kentang goreng)

4 Olahan Kentang Goreng Unik dengan Paduan Pizza dan SandwichFoto: Instagram

Foto: Instagram emglutenfreevegan

"Chip butty yang sederhana ini pernah menjadi makanan utama orang Inggris dan selalu menjadi makanan ringan yang disukai para pekerja. Makanan ini berbahan roti putih yang lembut dan empuk, mentega dan kentang goreng yang masih berminyak dengan taburan garam," kata Nicholas Hill, kepala chef di The Old Fitzroy, Sydney.

Untuk sandwich di restorannya sengaja hanya disajikan selama jam makan siang dan hari tertentu. Anda dapat memesan chip butty dengan ekstra kacang polong, kepiting mayonnaise, sumsum tulang mentega, telur goreng, dan saus daging sapi. Pada dasarnya, chip butty adalah sandwich kentang goreng.



4. Chipsi Mayai

4 Olahan Kentang Goreng Unik dengan Paduan Pizza dan SandwichFoto: Instagram

Foto: Instagram meltingpotfoodie

Di Tanzania, Anda juga bisa mendapatkan kentang goreng yang dihidangkan di wajan penuh minyak bernama chipsi mayai. Hidangan ini pada dasarnya ialah keripik dan telur. Menu ini cocok disajikan untuk sarapan. Kadang-kadang hidangan telur ini ditambahkan cabai dan saus tomat, atau taburan kachumbari, salad Afrika Timur yang dibuat dengan daun bawang.

Baca Juga: Peneliti Beberkan Rahasia Bikin Kentang Goreng Enak

Simak Video "Nyam! Nikmatnya Kentang Goreng Panjang Khas Jepang"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)