Peneliti Beberkan Rahasia Bikin Kentang Goreng Enak

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 18 Jul 2019 09:35 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kentang goreng buatan restoran begitu garing dengan rasa gurih yang enak. Ternyata ada rahasia membuat kentang goreng sempurna seperti ini.

Kentang goreng atau french fries jadi camilan yang digemari banyak orang. Apalagi jika tekstur kentang goreng garing di luar dan lembut di dalam. Camilan ini pun mudah ditemui di restoran cepat saji.

Banyak orang heran mengapa kentang goreng di restoran memiliki rasa lebih gurih dibandingkan jika Anda membuat sendiri di rumah. Teksturnya juga lebih puaskan selera.

Peneliti Beberkan Rahasia Bikin Kentang Goreng EnakFoto: iStock

Baca Juga: Kalau Mau Tetap Sehat, Makan French Fries Cukup 6 Potong Saja

Dilansir dari Foodbeast (13/7), seorang chef selebriti Jet Tila dan peneliti makanan, Dr. Arielle Johnson bekerja sama mencari tahu rahasia kentang goreng. Mereka membeberkan rahasia agar Anda bisa membuat kentang goreng yang sempurna.

Pertama, Anda bisa mengupas atau membiarkan kulit kentang ada bergantung pada selera. Jika Anda tidak mengupas kulitnya, pastikan cuci sampai bersih.

Peneliti Beberkan Rahasia Bikin Kentang Goreng EnakFoto: iStock

Untuk memotongnya ada trik mudah yaitu semprot pisau dengan cooking spray (semprotan berisi minyak) terlebih dahulu. Cara ini membuat kentang tidak menempel ketika dipotong.

Setelah Anda memotong kentang berbentuk stik, masukkan kentang tersebut ke dalam mangkuk yang telah diisi air dingin. Cara ini akan membantu kentang melepaskan banyak pati.

Peneliti Beberkan Rahasia Bikin Kentang Goreng EnakFoto: iStock

Setelah itu, bilas kentang dan tiriskan dengan tisu untuk menghilangkan sisa air. Sekarang, rahasianya terletak pada cara penggorengan. Kentang harus digoreng dalam banyak minyak hingga minyak merendam semua potongan kentang (deep fry).

Goreng kentang sedikit demi sedikit dan goreng selama sekitar 5 menit. Kemudian, tiriskan minyak dan biarkan dingin. Jika Anda ingin menyantapnya, Anda perlu menggorengnya lagi dalam banyak minyak. Terakhir, jangan lupa tiriskan minyak. Kentang goreng renyah gurih seenak buatan restoran pun siap dinikmati!

Baca Juga: Yuk, Jajan Kentang Goreng Ekstra Panjang di 5 Tempat Ini!



Simak Video "Nyam! Nikmatnya Kentang Goreng Panjang Khas Jepang"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)