Potong Nangka Kayak Semangka, Supermarket Ini Bikin Heran Orang Asia

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 05 Agu 2019 12:30 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Cara pihak supermarket ini memotong nangka jadi sorotan. Sebab tampilan nangka malah mirip semangka. Hal inipun bikin orang Asia geleng-geleng kepala.

Adalah Whole Foods di Wheaton, Illinois, Amerika Serikat yang memotong nangka dengan cara unik ini. Terlihat nangka dipotong dalam bentuk segitiga layaknya semangka. Nampak bagian tengah dan biji nangka juga ikut terpotong.

Alhasil potongan seperti itu hanya menyisakan sedikit daging buah nangka. Hal ini lantas menjadi sorotan pengunjung supermarket berdarah Asia, Mei Tan. Dikutip dari Mothership (5/8), ia membagikan foto potongan semangka unik ini di Facebook.

Potong Nangka Kayak Semangka, Supermarket Ini Bikin Heran Orang AsiaFoto: Istimewa

"Ini adalah cara Whole Foods memotong nangka (jackfruit). Saya tidak tahu mau tertawa atau menangis. #gagal," tulisnya. Unggahan Mei Tan langsung mendapat banyak komentar orang-orang Asia.

"Saya berharap orang-orang tidak memakannya seperti semangka," kata seorang netizen. "Siapa yang makan nangka seperti itu," sahut netizen lainnya. Sementara beberapa netizen masih berpikir positif dengan potongan nangka ini.

"Ini adalah cara (memotong nangka) brilian! Menghemat banyak waktu," tulis Ruby Trinh. Jawabannya ternyata disetujui netizen lain yang mengaku berpikir sama.

Baca Juga: Punya Nangka? Buat Saja Nangka Goreng yang Manis Renyah Ini

Potong Nangka Kayak Semangka, Supermarket Ini Bikin Heran Orang AsiaFoto: Istimewa

Lalu bagaimana cara tepat memotong nangka? Anda bisa memotong sedikit bagian atasnya secara memutar. Lanjutkan potong bagian tengahnya secara vertikal. Pastikan tidak memotong sampai terlalu dalam agar daging buahnya tetap utuh.

Setelah itu, kupas kulit nangka mengikuti bagian yang sudah terpotong. Cara ini memastikan tiap potong daging buah nangka terkupas dalam keadaan mulus dan bersih.

Kalau mau melihat detailnya, akun YouTube The Young Observer pernah mengunggah video berjudul "VIRAL: AMAZING WAY TO OPEN JACKFRUIT (LangKa)". Video ini telah disaksikan lebih dari 1,8 juta kali sejak diunggah akhir tahun 2017.

Potong Nangka Kayak Semangka, Supermarket Ini Bikin Heran Orang AsiaFoto: iStock

Soal popularitas nangka di negara Barat, banyak orang di sana mulai melihatnya sebagai alternatif nabati dari daging. Tekstur daging buah nangka, khususnya yang muda, begitu berserat sehingga mirip daging.

Di swalayan, nangka muda dijual dalam kemasan kaleng atau kantung plastik yang telah dikupas kulitnya. Jenis inilah yang menarik perhatian para vegetarian untuk menjadikannya alternatif pengganti daging. Daging nangka ini dapat diolah menjadi isian taco, burrito, kari, dan ditumis.

Baca Juga: Jadi Alternatif Daging, Nangka Muda Kian Populer di Kalangan Vegetarian



Simak Video "Nikmatnya Menyantap Camilan Keripik Nangka Asal Blitar"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com