Ini Sophia, Robot Bisa Membuat Laksa Enak Dalam 45 Detik

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 03 Agu 2019 07:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Di Singapura ada robot yang bisa membuat santapan laksa. Bernama Sophie dan ia hanya membutuhkan waktu 45 detik saja saat memasak.

Penggunaan robot sebagai pelayan di sebuah resto tidak hanya populer di negara-negara Barat saja. Kini negara Asia seperti Singapura juga mulai menggunakan robot canggih.

Sebuah perusahaan teknik lokal di Singapura, Orange Clove baru-baru ini mengeluarkan robot canggih yang dirancang bisa memasak laksa. Robot tersebut diberi panggilan Sophia.
Ini Sophia, Robot Bisa Membuat Laksa Enak Dalam 45 DetikFoto: Istimewa

Hadirnya robot Sophia diharapkan bisa membantu tugas koki di restoran, sehingga koki hanya fokus pada pemenuhan kebutuhan pelanggan saja. Hal tersebut disampaikan oleh Tan Tun Lim, Assistant Sales Director dari perusahaan Orange Clove.

Menariknya lagi, robot Sophia dirancang bisa membuat laksa dalam waktu kurang dari satu menit, atau tepatnya hanya 45 detik. Sophia bisa mengerjakan mulai dari merebus mie hingga matang, kemudian mengangkat dan memasukkan ke dalam mangkuk.

Tak berhenti sampai itu, robot Sophia juga bisa memasukkan udang sebagai isian dan memasukkan kuah panas ke dalam mangkuk tanpa tumpah sedikit pun. Selain itu robot Sophia juga dirancang bisa membersihkan meja dapurnya secara otomatis.
Ini Sophia, Robot Bisa Membuat Laksa Enak Dalam 45 DetikFoto: Istimewa

Baca Juga : Canggih! Robot-robot Ini Bisa Suapi Makanan dan Racik Minuman

Pihak perusahaan menjamin, bahwa tidak ada rasa yang berbeda dari laksa buatan robot Sophia maupun buatan koki pada umumnya. Laksa buatan robot canggih ini juga punya rasa yang tak kalah lezat.

Hal itu diakui oleh salah satu tamu pengunjung yang mencoba sajian laksa yang dibuat oleh robot Sophia.

"Ini luar biasa. Saya katakan tidak ada perbedaan antara yang dibuat oleh robot dan manusia," kata Paul Yong.

Dilansir dari South China Morning Post (30/7) robot canggih ini bisa membuat sebanyak 80 mangkuk laksa per jamnya. Robot Sophia dipilih untuk membuat laksa karena laksa merupakan salah satu makanan yang paling populer di Singapura.
Ini Sophia, Robot Bisa Membuat Laksa Enak Dalam 45 DetikFoto: Istimewa

Meskipun begitu, pihak perusahaan juga mengatakan bahwa mereka akan merancang robot lagi yang bisa membuat hidangan goreng, tumis dan mie kuah udang.

Perusahaan Orange Clove ini juga dikabarkan akan meluncurkan robot pembersih sebanyak 300 buah pada bulan Maret tahun depan. Robot-robot bertugas membersihkan hotel, pusat perbelanjaan dan gedung-gedung pemerintah.

Baca Juga : Canggih! Robot Pelayan Ini Bisa Dikendalikan Pegawai Disabilitas

Simak Video "Bikin Laper: Jajal Pineapple Fried Rice Bareng Ibnu Jamil"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)