Makanan Kaki Lima Enak

5 Jajanan Kaki Lima Ini Pedasnya Bikin Nangis

Riska Fitria - detikFood Kamis, 01 Agu 2019 18:35 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Ngemil jajanan pedas bisa jadi hobi tersendiri bagi pecinta makanan pedas. Mulai dari seblak hingga ceker setan pasti dilahap habis.

Di Jakarta banyak jajanan kaki lima yang menyajikan makanan super pedas. Dengan makan pedas dirasa bisa membuat selera makan bertambah. Tak tanggung-tanggung cabai yang digunakan juga terbilang banyak hingga lidah terasa tersengat. Mulai dari seblak hingga ceker setan berikut 5 jajanan yang punya rasa super pedas.

1. Seblak
5 Jajanan Kaki Lima Ini Pedasnya Bikin NangisFoto: dok.detikFood

Seblak merupakan jajanan khas Bandung. Dikenal dengan rasanya yang super pedas, seblak terbuat dari bahan dasar kerupuk. Kerupuk tersebut bukan digoreng, melainkan direbus hingga teksturnya berubah menjadi kenyal. Selama masih direbus, kerupuk tersebut dicampur dengan berbagai isian, seperti bakso, sawi, mie, kwetiau hingga makaroni.

Campuran tersebut diracik dengan bumbu kencur dan tambahan cabai rawit. Meski dari Bandung, jajanan ini juga banyak ditemukan di penjual makanan kaki lima di Jakarta. Biasanya harga yang ditawarkan tergantung jenis isian dalam seblak, yaitu mulai dari Rp.5.000 - Rp. 10.000.

2. Tahu Pedas
5 Jajanan Kaki Lima Ini Pedasnya Bikin NangisFoto: dok.detikFood

Selain seblak, Bandung juga terkenal akan jajanan pedas lainnya. Seperti pada jenis makanan kaki lima ini. Terkenal dengan nama gehu yang memiliki kepanjangan dari 'tauge tahu'. Itu merujuk pada isian tahu. Selain tauge juga ada isian lain seperti wortel, kol dan gilingan cabai.

Karenanya, gehu memiliki rasa pedas yang menyengat lidah. Pedasnya gehu terkenal hingga ke Jakarta. Oleh sebab itu gehu banyak dijajahkan oleh penjual kaki lima di pinggir jalan. Dengan harga sekitar Rp.1.000 hingga Rp.2.000 Anda sudah bisa menikmati sengatan pedas dari gehu.

Baca Juga : Cara Membuat Seblak yang Enak Pedas dan Kaya Isi

3. Cireng Pedas
5 Jajanan Kaki Lima Ini Pedasnya Bikin NangisFoto: sukalapar.com

Cireng pedas bukan dihasilkan dari makanan yang berbahan dasar aci ini. Melainkan dari bumbu atau saus cabai yang dimakan dengan cara dicocol dengan cireng. Dinamakan cireng, karena bahan dasar aci ini dimasak dengan cara digoreng, sehingga disingkat menjadi 'cireng'

Bumbu pedas yang digunakan juga berbeda-beda. Ada yang berupa saus, sambal hingga bubuk cabai. Bumbu pedas tersebut dimakan dengan cara dicocol, ada ada juga yang menjadikannya sebagai isian dalam cireng. Biasanya harga yang ditawarkan sekitar Rp.5.000 hingga Rp.10.000

4. Ceker Setan
5 Jajanan Kaki Lima Ini Pedasnya Bikin NangisFoto: Istimewa

Saking pedasnya pada olahan ceker ini, membuat makanan ini dinamai ceker setan. Ceker setan merupakan jajanan berupa potongan ceker ayam yang dimasak dengan kuah merah berbumbu pedas.

Bumbu tersebut berupa bumbu cabe merah, cabe rawit, kemiri, merica hingga kunyit. Awalnya, ceker setan banyak ditemukan di kota Malang. Namun, kini ramai penjual kaki lima di Jakarta yang menjajahkan jajanan pedas ini. Harga yang ditawarkan sekitar Rp. 8.000 per porsinya.

5. Pentol Pedas
5 Jajanan Kaki Lima Ini Pedasnya Bikin NangisFoto: ischaq.com

Belakangan ini ramai jajanan pentol yang dilapisi bumbu pedas. Pentol merupakan camilan berbentuk bola-bola kecil seperti bakso. Pentol terbuat dari bahan tepung tapioka. Yang membuatnya pedas adalah campuran saus cabai yang melumuri seluruh sisi pentol.

Banyak pecinta pedas yang tak mau ketinggalan mencicipi camilan super pedas ini. Pentol pedas mudah ditemui di penjual kaki lima di pinggir jalan. Harga yang ditawarkan juga terjangkau. Hanya sekitar Rp.5000 per porsi.

Baca Juga : Pedas Nendang! Aneka Gorengan Umbi Pedas yang Menyengat Lidah

Simak Video "Merakyat Nikmat! Angkringan Sampai Risol Pedas di Kawasan Blok M Square"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)