Umbi Goreng Renyah

Pedas Nendang! Aneka Gorengan Umbi Pedas yang Menyengat Lidah

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 01 Mar 2019 16:42 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Bagi para penggemar pedas, aneka umbi juga cocok diolah dengan aneka sambal, dan bumbu balado gurih. Seperti singkong sambal roa, hingga stik ubi pedas.

Umbi seperti singkong, ubi, talas, kentang, hingga bawang bisa disulap jadi camilan goreng yang enak. Apalagi jika ditambah dengan bumbu pedas, yang siap membakar lidah.

Baca Juga: Ngemil Hottang, Sosis Kentang Renyah Ala Korea


1. Singkong Sambal Roa

Pedas Nendang! Aneka Gorengan Umbi Pedas yang Menyengat LidahFoto: Istimewa
Singkong goreng memang jadi teman ngopi dan ngeteh yang cocok. Tekstur singkong yang empuk, dan rasa gurih dari rendaman bumbu akan semakin enak jika dicocol dengan sambal pedas.

Di Manado, banyak warung kopi dan restoran yang menyajikan menu singkong goreng. Tapi di sini, singkong goreng disajikan dengan sambal roa khas Sulawesi. Sambal ini terbuat dari ikan roa, yang diolah dengan cabe rawit sehingga rasanya pedas nendang.


2. Kentang Goreng Balado

Pedas Nendang! Aneka Gorengan Umbi Pedas yang Menyengat LidahFoto: Istimewa
Kentang goreng balado biasanya disajikan sebagai lauk pelengkap, dan populer sebagai masakan rumahan. Tapi kentang balado juga enak disulap jadi camilan kentang pedas.

Caranya bisa potong kentang menjadi potongan wedges, teksturnya lebih tebal dari potongan French fries yang tipis memanjang. Setelah itu kentang direndam, kemudian digoreng hingga garing. Setelang matang, baru tumis kentang goreng dengan bumbu balado, yang terdiri dari cabe keriting, rawit, terasi, hingga bawang merah yang sudah dihaluskan.


3. Taro Masala Fry

Pedas Nendang! Aneka Gorengan Umbi Pedas yang Menyengat LidahFoto: Istimewa
Populer di negara India, hidangan talas goreng pedas ini biasanya disantap dengan nasi. Tapi banyak juga yang dijadikan sebagai camilan di Indonesia. Ciri khas talas goreng ini, tentunya terletak dari bumbu yang digunakan. Salah satu bahan yang digunakan tepung beras, tepung besan, cabai bubuk, ketumbar bubuk, hingga jintan bubuk.

Cara membuatnya terbilang mudah dan praktis. Pertama kukus talas hingga lunak, dan jangan terlalu lembek kemudian potong sesuai selera. Setelah itu umbi bisa dicampur dengan semua bumbu, diamkan sebentar lalu goreng hingga garing. Rasanya pedas, gurih, dan teksturnya renyah.


4. Keripik Bawang Pedas

Pedas Nendang! Aneka Gorengan Umbi Pedas yang Menyengat LidahFoto: Istimewa
Sering digunakan sebagai bumbu masak, bawang termasuk dalam salah satu umbi-umbian. Selain enak diolah menjadi bawang goreng, umbi yang satu ini juga bisa dijadikan camilan keripik goreng bawang pedas.

Bahan dasar yang digunakan untuk keripik bawang ini ada terigu, tepung kanji, dan santan. Sementara bumbu halusnya ada bawang merah dan putih, ketumbar, dan cabe kering. Setelah semua bumbu dicampur menjadi satu, adonan yang sudah digiling bisa dipotong sesuai bentuk, dan digoreng. Agar semakin pedas, tambahkan bubuk cabe di atasnya.


5. Stik Ubi Goreng Pedas

Pedas Nendang! Aneka Gorengan Umbi Pedas yang Menyengat LidahFoto: Istimewa
Tak hanya singkong dan kentang saja yang enak dijadikan keripik perdas. Ubi pun bisa disulap jadi camilan stik goreng, yang renyah, gurih, dan tentunya cocok bagi penggemar pedas.

Ubi bisa dipotong seukuran korek api kayu, lalu rendam dengan garam. Setelah itu goreng hingga garing, dan ditumis menggunakan bumbu pedas halus yang terbuat dari cabe merah, bawang putih, dan daun jeruk.

Baca Juga: Tak Gengsi, 5 Artis Papan Atas Ini Jualan Keripik Umbi (sob/odi)