Cara Membuat Seblak yang Enak Pedas dan Kaya Isi

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 31 Jul 2019 10:35 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Jajanan yang satu ini bikin nagih karena rasanya yang peads gurih. Berbahan sederhana, cara membuat seblak yang enak juga tidak dulit. Ikuti saja tahapan ini.

Jajanan kaki lima yang populer di Jawa Barat ini konon asal muasalnya dari Sumpiuh, Banyumas, Jawa Tengah. Karena pada era 1940 an masyarakat di sana sudah mengenal kerupuk yang direbus sebagai camilan. Disebut sebagai kerupuk godog.

Sementara di tahun 2000 an seblak baru populer di Jawa Barat khususnya Cianjur. Cara membuat seblak juga sama yaitu kerupuk mentah yang direbus. Hanya saja kemudian ditambahkan dengan aneka bumbu dan bahan lainnya.

Cara membuat seblak yang enak tidaklah sulit. Kalau mau Anda bisa mengintip caranya lewat pedagang seblak yang biasa meracik langsung di gerobakanya. Namun, tiap penjual punya gaya racikan berbeda, isian berbeda dan tentu saja harga berbeda.

Kalau penasaran ingin membuat sendiri, cobalah ikuti cara membuat seblak yang enak ini. Tentu saja pilihan isiannya terserah selera Anda.


Cara Membuat Seblak yang Pedas Enak dan Kaya IsiFoto: iStock


1. Kerupuk mentah

Untuk membuat seblak yang enak, pilihlah kerupuk mentah yang berukuran kecil dan enak. Bisa berupa kerupuk aci biasa, kerupuk bawang, kerupuk udang atau kerupuk sayuran.

Rebus kerupuk ini secukupnya hingga lunak dan mengembang lalu tiriskan. Beberapa penjula menambahkan pasta rebus seperi fusili atau makaroni. Juga mie kuning, bihun dan kwetiau bisa jadi isian seblak.

Cara Membuat Seblak yang Pedas Enak dan Kaya IsiFoto: iStock


2. Sambal

Cara membuat seblak enak ditentukan oleh racikan sambal atau bumbu yang enak. Untuk itu haluskan bumbu yang berupa 7 buah cabai merah, 5 buah cabai rawit, 3 butir bawang merah, 2 siung bawang putih, 1 cm kencur, 1 cm kunyit (jika suka), 1 sdt terasi goreng dan 1 sdt garam. Jumlah sambal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jika ingin rasa pedas menggigit dan warna merah menyala pada kuahnya, tambahkan 1 sdm cabai merah bubuk.

Cara Membuat Seblak yang Pedas Enak dan Kaya IsiFoto: iStock


3. Ceker ayam dan Sosis

Isian seblak bisa berupa ceker ayam rebus, sosis, bakso, dan beragam bahan lainnya. Ada yang menambahkan siomay, surimi hingga fish cake. Jika memakai ceker ayam, rebus dahulu ceker ayam hingga benar-benar lunak. Untuk sosis, bisa dipilih sosis sapi atau ayam dan pastikan plastik pembungkus sudah dikupas dan sosis bisa dipotong-potong kecil.

4. Cara membuat seblak enak

Panaskan 2 sdm minyak sayur, lalu tumis 2 sdm bumbu yang sudah dihaluskan hingga wangi. Tuangi air secukupnya, dan masak hingga mendidih. Tambahkan 50 g kerupuk yang sudah direbus, 50 g pasta (makaroni atau fusili) yang sudah direbus, 1/2 buah sosis yang sudah diiris tipis, 2 butir bakso yang diiris tipis dan 2 buah ceker ayam yang sudah direbus. Masak hingga mendidih.

Kocok 1 butir telur hingga bebruih lalu tuangkan ke dalam rebusan seblak, aduk-aduk hingga kental dan mendidih lalu angkat.

Cara Membuat Seblak yang Pedas Enak dan Kaya IsiFoto: Istimewa


5. Cara menikmati seblak

Seblak sebaiknya dinikmati selagi panas. Bisa ditambahkan cabai bubuk atau merica bubuk jika suka rasa pedas menyengat. Karena terbuat dari bahan kanji dan terigu, seblak banyak menyerap air. Jika dibiarkan terlalu lama akan kental karena air perebus terhisap kerupuk dan bahan lainnya. Sebaiknya nikmati seblak selagi masih hangat.

Cara membuat seblak enak memang beragam, tergantung pada selera dan penjualnya. Kunci kelezatannya terletak pada racikan bumbu atau sambalnya. Kini juga banyak rumah makan, warung makan yang punya seblak terkenal dengan rasa pedas yang bisa dipilih levelnya.



Simak Video "Pedasnya Menggigit! Seblak Pedas Enak di Tebet"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)