Ekspresi Senang Pak Slamet, Pemulung yang Baru Pertama Kali Makan Daging Sapi

Devi Setya - detikFood Selasa, 30 Jul 2019 18:19 WIB
Foto: instagram @kitabisacom Foto: instagram @kitabisacom
Jakarta - Bagi sebagian orang, daging sapi sudah jadi makanan harian. Tapi bagi Pak Slamet, daging sapi adalah makanan mewah yang tak terjangkau.

Pak Slamet sehari-hari berprofesi sebagai pemulung. Pria berusia 42 tahun ini mengaku sama sekali belum pernah merasakan makan daging sapi. Uang yang ia dapatkan dari hasil bekerja hanya bisa digunakan untuk menutupi kebutuhan harian yang super sederhana.

Kisah Slamet ini viral setelah dipublikasi lewat akun instagram organisasi sosial Kita Bisa. Pemulung yang mencari rezeki di kawasan Jakarta Barat ini sengaja diajak seorang relawan untuk menikmati steak.

Meski awalnya ragu menerima ajakan makan ini tapi akhirnya Slamet menerima tawaran makan ini. Sambil makan, sang relawan bertanya soal pengalaman makan daging sapi.
Ekspresi Senang Pak Slamet, Pemulung yang Baru Pertama Kali Makan Daging Sapi Foto: instagram @kitabisacom

Baca juga : Punya Resto Mewah, Chef Ini Masak dan Beri Makan Ribuan Orang Miskin

Dengan suara pelan dan wajah tertunduk, Slamet menjawab tidak pernah makan daging sapi sambil menggeleng. Kejadian ini direkam lewat video yang memperlihatkan ekspresi malu-malu Pak Slamet.

"Rejeki ini, bisa makan daging sapi. Ga pernah makan daging sapi, paling daging ayam," kata Slamet sambil menyantap steak di depannya.

Pria lulusan SD ini juga bercerita kalau ia pernah bekerja menjadi petani di kampungnya. Selama 7 bulan bekerja, Slamet hanya mendapat gaji Rp 500 ribu. Hal ini yang membuatnya datang ke Jakarta untuk mengadu nasib.

Sayangnya di ibu kota, keluarga Slamet juga tak terlalu beruntung. Sehari-hari Slamet, istri dan anaknya terbiasa menyantap nasi dengan lauk ikan asin dan sambal terasi.

Usai menyantap steak yang tersaji, pria murah senyum ini malah sedikit merenung. Ternyata ia memikirkan anak dan istrinya di rumah yang tak bernasib mujur bisa makan daging sapi.

Melihat wajah murung pria di depannya, sang relawan lantas membelikan lagi dua porsi steak untuk dibawa pulang. Alhasil, wajah murung Slamet berganti dengan ceria.
Ekspresi Senang Pak Slamet, Pemulung yang Baru Pertama Kali Makan Daging Sapi Foto: instagram @kitabisacom

Baca juga : Di Warung Nasi Ini Bayar Rp 1.000 Bisa Makan Sepuasnya

Video social experiment ini sukses membuka mata banyak orang untuk lebih perhatian dengan orang-orang sekitar. Buktinya banyak netizen yang merasa tersentuh dengan kisah ini.

"Sumpah sesedih ini. Aku masih harus banyak-banyak bersyukur karena bisa makan daging sapi," kata satu netizen.

"Ya Allah sungguh menyesal aku selalu buang-buang daging. Semoga rejekinya lancar yaa pak," sahut netizen lainnya.

Simak Video "Kenali Jenis Potongan Olahan Sapi dan Kambing yang Pas"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)