Chef Arnold-Kaesang-Gibran Beberkan Resep 'Telur Selimut' Mangkok Ku

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 29 Jul 2019 13:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Bersama Kaesang dan Gibran, Chef Arnold bagikan dua resep rice bowl yang ada di Mangkok Ku. Ketiganya mempraktekkan langsung cara memasak kedua menu tersebut.

Lewat channel YouTube pribadinya, juri MasterChef Indonesia, Arnold Poernomo membagikan resep dua menu enak yang ada di Mangkok Ku. Mangkok Ku sendiri merupakan restoran yang menyajikan aneka pilihan rice bowl besutan Chef Arnold, Gibran, Kaesang, dan Randy.

Chef Arnold-Kaesang-Gibran Beberkan Resep 'Telur Selimut' Mangkok KuFoto: Istimewa

Menu rice bowl di Mangkok Ku membuat penikmat kuliner tanah air ketagihan. Pasangan selebriti Nagita Slavina dan Raffi Ahmad bahkan memuji kelezatan menu Egg Sausage Mayo dan Brisket Spicy Sauce milik gerai rice bowl itu.

Melihat antusiasme penikmat rice bowl tanah air, akhirnya Chef Arnold membeberkan rahasia di balik kelezatan kedua menu tersebut. Pada 27 Juli lalu, vlog yang berisi resep kedua menu itu resmi ditayangkan dalam channel YouTube Arnold Poernomo.

Tak sendirian, Chef Arnold mengajak kedua putra Presiden Jokowi dalam membeberkan rahasia dua menu rice bowl buatannya.

Chef Arnold-Kaesang-Gibran Beberkan Resep 'Telur Selimut' Mangkok KuFoto: Istimewa

Dalam video berdurasi lebih dari 14 menit itu, Chef Arnold meminta Gibran untuk menggoreng sausage patty. Setelahnya, ia memecahkan tiga butir telur yang akan digunakan untuk membuat Egg Sausage Mayo.

Kemudian ia meminta Gibran untuk mengocok telur tersebut. Sedangkan Kaesang disuruh memotong bawang daun. Kedua putra Presiden RI itu pun menuruti semua hal yang diperintahkan Chef Arnold.

Setelah mengocok telur, Chef Arnold pun membagikan teknik menggoreng telur agar telur yang ada terlihat seperti 'telur selimut'.

Chef Arnold-Kaesang-Gibran Beberkan Resep 'Telur Selimut' Mangkok KuFoto: Istimewa

Saat itu, Kaesang bertanya mengapa telur yang dimasak tidak diberi garam lebih dulu. Chef Arnold pun menjawab, "Kalau kita mau bikin telur seperti ini, jangan dikasih garam dari awal. Garam itu akan membuat protein ini lebih encer. Jadi nggak bisa creamy, nggak bisa kental."

Kepada detikFood, Chef Arnold turut membeberkan rahasia dibalik kelezatan 'telur selimut' buatannya. "Kuncinya, jangan ditambah garam dulu sampai selesai, di dorong kanan, kiri, atas bawah jangan dikocok-kocok nanti tidak tebal dan nggak creamy, dan (kompor) jangan terlalu panas nanti kering," papar celebrity chef asal Surabaya itu saat dihubungi tim detikFood (27/7/2019).

Setelah matang ia pun berujar, "Nikmat dengan tingkat kematangan setengah matang creamy-creamy telur." Tentunya bisa dinikmati usai diberi taburan garam, lada, dan potongan daun bawang.

Chef Arnold-Kaesang-Gibran Beberkan Resep 'Telur Selimut' Mangkok KuFoto: Istimewa

Dalam vlog miliknya, Chef Arnold sempat berujar, "Buka-buka-an resep Mangkok Ku, jangan ditiru, jangan dikopi untuk dijual." Dengan begitu, semua resep yang ia bagikan boleh diikuti oleh seluruh pencinta rice bowl tanah air. Asalkan tidak disalahgunakan untuk hal yang komersil.

Chef Arnold sendiri tidak keberatan jika resepnya diikuti banyak pihak. Sebab tujuan dirinya membongkar resep dua menu andalan Mangkok Ku itu memang karena dirinya ingin orang yang belum bisa datang atau pun tak kebagian racikan rice bowl di Mangkok Ku bisa coba membuatnya sendiri di rumah.

"Ya bagi-bagi resep aja. Apalagi yang penasaran dan nggak kebagian nyicip Mangkok Ku," jelas Chef Arnold Poernomo.

"Masa cuma telor dan sosis dan mayo saja dipermasalahkan," pungkasnya.

Baca juga: Mangkok Ku: Mencicip Rice Bowl di Resto Chef Arnold-Kaesang-Gibran yang Hits



(dwa/odi)