Durian Hasil Silangan Ini Sukses Memenangkan Penghargaan di Malaysia

Riska Fitria - detikFood Minggu, 28 Jul 2019 15:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Berawal dari pencangkokkan dua jenis durian yang berbeda, durian ini berhasil memenangkan kejuaran durian di Malaysia.

Di Malaysia ada banyak jenis durian yang bisa ditemui, mulai dari Musang King, D24, registered clone, hingga Black Thorn. Terkenal akan kelezatannya, durian-durian tersebut diikutsertakan dalam sebuah kejuaraan durian yang rutin diadakan di Malaysia.

Kejuaraan durian yang bertajuk Bangi Golf Resort World Durian Championship tersebut melibatkan sekitar 50 durian dari berbagai jenis yang bertarung untuk memperebutkan posisi teratas, lapor Star2 (25/7).
Durian Hasil Silangan Ini Suksesl Memenangkan Penghargaan di MalaysiaFoto: Istimewa

Di tahun-tahun sebelumnya biasanya kejuaraan tersebut selalu memenangkan durian jenis musang king. Namun, tahun ini durian jenis Black Thorn berhasil menduduki posisi teratas.

Pemilik durian tersebut diketahui bernama Leow Cheok Kiang, yang merupakan sosok yang sangat dihormati di Malaysia. Leow dikenal sebagai seorang petani kebun durian di Penang yang berusia 60 tahun.

Ia memiliki 3 kebun durian yang berada di Seberang Perai, Malaysia. Kabarnya Leow sudah mulai bercocok tanam sejak ia masih kecil.

Baca Juga : Cicipi Musang King, D24 hingga Black Thorn di Festival Durian Terbesar Malaysia

"Tuan Leow mulai bercocok tanam dengan ayahnya ketika dia berusia 7 tahun, jadi dia memiliki rutinitas yang mapan ketika merawat pohon-pohonnya. Jika pohon itu sehat, ia tahu bahwa buahnya akan berkualitas baik. jadi Ini adalah ide mendasar yang ia terapkan hingga sekarang," ujar Pow Chiok, teman baik Leow.
Durian Hasil Silangan Ini Suksesl Memenangkan Penghargaan di MalaysiaFoto: Istimewa

Pow merupakan orang yang mengajak Leow untuk mengikuti kompetisi durian. Bahkan sejak jauh-jauh hari mereka sudah mengumpulkan buah durian dari perkebunan Leow untuk diikutsertakan dalam lomba.

Padahal, Leow mengaku belum pernah mengikuti kompetisi durian sebelumnya. Keikutsertaan Leow pada kompetisi durian Bangi kali ini dianggap sangat spektakuler di Kuala Lumpur, apalagi berhasil memenangkan durian jenis Black Thorn.

"Ini adalah pertama kalinya dia berpartisipasi dalam kompetisi ini dan orang-orang Penang sangat bangga padanya karena itu membuktikan bahwa Black Thorn-nya adalah salah satu durian kelas atas yang premium di Malaysia saat ini," kata Pow.
Durian Hasil Silangan Ini Suksesl Memenangkan Penghargaan di MalaysiaFoto: Istimewa

Kabarnya Leow pertama kali menemukan durian jenis Black Thorn di perkebunan milik temannya dan mengambil potongan dari pohon untuk ditanam di rumahnya. Kini, pohon durian Black Thorn tertua milik Leow sudah berusia lebih dari 50 tahun.

Pohon tersebut merupakan hasil pencangkokkan antara durian kampung dengan durian klon black thorn pada 35 tahun yang lalu. Pohon inilah yang menghasilkan buah Black Thorn yang kini berhasil memenangkan penghargaan.

Buah durian tersebut dijual di kiosnya dengaN harga sekitar 60 hingga 65 ringgit atau setara dengan Rp.203.000 - Rp.220.000 per kilogramnya. Kiosnya dikenal dengan nama Eco Valley Organic Durian yang terletak di Jalan Metro Pudu 2, Freser Business Park, Kuala Lumpur.

Baca Juga : Begini Rasa dan Tekstur Durian J-Queen Rp 14 Juta yang Viral

Simak Video "Sensasi Unik Menyantap Durian Bakar"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)