Cicipi Musang King, D24 hingga Black Thorn di Festival Durian Terbesar Malaysia

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 22 Mei 2019 19:27 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Berniat datang ke Negeri Jiran dalam waktu dekat? Pastikan Anda datang ke festival durian di wilayah Genting.

Siapa yang bisa menolak kelezatan buah eksotik berdaging tebal creamy ini. Bagi penikmatnya, aroma tajam durian justru bangkitkan selera. Di Asia, terlebih Malaysia dan Singapura, kelezatan durian musang king amat tersohor.

Cicipi Musang King, D24 hingga Black Thorn di Festival Durian Terbesar MalaysiaFoto: Istimewa

Durian asal Malaysia itu terkenal enak, berdaging tebal, manis dan legit. Saking enaknya, kepopuleran durian ini bahkan menyaingi durian monthong asal Thailand yang sudah lebih dulu populer.


Di Malaysia, durian musang king dikenal dengan sebuatan mao shan wang yang artinya rasa kucing. Kabarnya jenis durian yang tumbuh pada tahun 1990 di wilayah Tanah Merah, Kelantan Malaysia ini sukses jadi bahan perbincangan di tahun 1993.

Jika ingin merasakan kelezatan durian musang king, Anda bisa menghadiri festival durian terbesar di Malaysia. Festival kuliner itu diadakan di lantai 16 Genting Grand Outdoor Carpark (CG Boulevard) pada 25 Mei hingga 16 September . Tak hanya durian musang king, beberapa varietas durian berkualitas juga turut dihadirkan.

Cicipi Musang King, D24 hingga Black Thorn di Festival Durian Terbesar MalaysiaFoto: Istimewa

Dilansir World of Buzz (21/5), lima varietas durian yang akan dihadirkan di sana antara lain, Musang King (grade A), D24, Tekka, X.O, dan Black Thorn (Grade A, B, C).

Jika musang king punya rasa yang manis dan legit, jenis durian D24 punya daging berwarna kuning dengan rasa manis sedikit pahit. Namun tetap bertekstur sangat creamy. Isinya tebal bertekstur halus dengan biji besar dan aroma kuat.

Dilansir Star2, durian Tekka juga biasa disebut Musang Queen. Durian jenis ini punya rasa pahit yang enak dengan tekstur creamy layaknya musang king.

Cicipi Musang King, D24 hingga Black Thorn di Festival Durian Terbesar MalaysiaFoto: Istimewa

Sedangkan durian XO punya warna kuning pucat dengan tekstur super lembut. Rasa dagingnya pahit seperti alkohol. Durian jenis ini berasal dari Johor, Genting dan Tanah Tinggi Cameron.

Terakhir, durian yang berasal dari Sungai Bakap. Namun kabarnya biji asli Black Thorn berasal dari Thailand. Durian jenis ini punya warna daging yang kuning dengan sedikit rona merah terang. Dagingnya yang tebal punya cita rasa yang cukup kaya.

Bagaimana, tertarik mencoba durian jenis apa jika datang ke festival durian terbesar di Malaysia nanti?

(dwa/odi)