Tren Resto All You Can Eat

Seberapa Sering Boleh Makan di Resto AYCE? Ini Kata Ahli Gizi

Devi Setya - detikFood Jumat, 26 Jul 2019 19:55 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sensasi makan di restoran all you can eat memang menyenangkan. Tapi makan sepuasnya tentu bisa mempengaruhi metabolisme tubuh.

Menyambangi restoran AYCE memang kadang bikin orang kalap makan. Konsep yang mempersilahkan pengunjung makan sepuasnya tanpa batas ini ternyata dipandang tidak sehat oleh ahli gizi.

Dr. dr. Inge Permadhi SpGK yang dihubungi detikFood (26/7) mengatakan menikmati makanan di restoran AYCE memang diperkenankan sesekali saja tetapi tidak terus-terusan. Sebelum menyambangi resto ini sebaiknya kenali dulu kondisi tubuh.
Seberapa Sering Boleh Makan di Resto AYCE? Ini Kata Ahli GiziFoto: iStock

Baca juga : Bayar Sekali Bisa Makan Sepuasnya di Restoran All You Can Eat

"Sebenernya sih tergantung kita kegemukan atau engga. Kalau kita kegemukan ya jangan terlalu sering," ujar wanita yang akrab disapa dr. Inge ini.

Lebih lanjut dr. Inge menjelaskan sebenarnya tidak ada patokan aturan seberapa sering menyantap makanan di resto ayce. Yang paling penting harus mengenali kondisi tubuh.

"Sebenarnya nggak ada patokan untuk berapa kali, sebaiknya datang ke restoran all you can eat. Tapi kita masing-masing harus tahu cara menjaga kesehatan tubuh kita. Siapa yang bisa ngejaga kalau bukan kita sendiri," beber dokter yang bertugas di MRCCC Siloam Hospital, Jakarta ini.

Bagi orang yang memiliki postur tubuh gemuk, sebaiknya tidak menyantap makanan di resto AYCE dalam jeda sebulan sekali. Hal ini berkaitan dengan risiko yang akan ditanggung dalam jangka panjang, mengingat dalam sekali makan langsung mengasup banyak kalori.
Seberapa Sering Boleh Makan di Resto AYCE? Ini Kata Ahli GiziFoto: Istimewa

"Kalau misalnya kegemukan juga nggak bisa sebulan sekali. Karena kalau cheating sebulan sekali ke restoran all you can eat juga berat badan turun berapa tapi juga langsung naik lagi nantinya," lanjutnya.

Selain risiko jangka panjang, dr. Inge juga memperingatkan risiko yang langsung dirasakan usai menyantap makanan di resto AYCE. Beberapa diantaranya yakni rasa mual dan muntah.

"Bisa saja (muntah) kalau kebanyakan makan karena lambung nggak kuat menampung semua makanan," tambahnya.

Baca juga : 7 Trik Agar Bisa Makan Banyak di Resto 'All You Can Eat'

Intinya, tidak salah memanjakan lidah dan selera dengan makan all you can eat namun harus tetap pada porsi yang disarankan dan harus kenal dengan kondisi tubuh masing-masing.

Simak Video "Puas Makan 'All You Can Eat' Wagyu Asli yang Gurih Menggoda"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)