Penduduk California Kini Bawa Wadah Sendiri ke Restoran

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 24 Jul 2019 07:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Aturan terbaru di California, Amerika Serikat bersifat ramah lingkungan. Pengunjung resto di sana bisa membawa wadah sendiri jika ingin makan di restoran.

Isu terkait sampah dan lingkungan masih jadi permasalahan yang belum tuntas. Belum lagi isu mengenai sampah plastik yang kini tengah ramai diperbincangkan karena berdampak negatif bagi ekosistem laut.

Di dunia kuliner, persoalan sampah ternyata menghadapi berbagai hambatan. Misalnya alternatif wadah ramah lingkungan yang lebih mahal atau kurang praktis karena harus menghindari pemakaian plastik.

Penduduk California Kini Bawa Wadah Sendiri ke RestoranFoto: iStock

Baca Juga: Begini Serunya Kulineran Sambil Traveling Para Artis di California hingga Korea

Untuk mengatasinya, pejabat negara bagian California, Amerika Serikat putuskan aturan baru melalui undang-undang yang diresmikan tanggal 12 Juli 2019 oleh Gubernur Gavin Newsom. Dikutip dari Food & Wine (23/7), gubernur menandatangani undang-undang yang menyarankan pengunjung untuk membawa gelas dan wadah yang dapat digunakan kembali di restoran untuk membantu menghindari kemasan sekali pakai.

Matt Sutton, wakil California Restaurant Association mengatakan kepada Nation's Restaurant News bahwa banyak restoran tertarik, tetapi ada juga yang khawatir tentang konsekuensinya.

"Beberapa restoran sudah melakukannya, tetapi kebanyakan tidak melakukan karena khawatir soal kontaminasi silang," katanya. Tetapi dengan undang-undang baru, dia mengatakan negara sekarang memiliki prosedur resmi. "Sebuah restoran tidak harus menerima wadah ini, tetapi jika mereka mau, tidak ada tanggung jawab dari pihak restoran untuk membersihkan wadah pengunjung."

Penduduk California Kini Bawa Wadah Sendiri ke RestoranFoto: iStock

Negara sekarang sudah membolehkan restoran untuk mengisi wadah yang telah dibawa pelanggan selama mereka memintanya. Namun wadah mereka sebelumnya sudah bersih, jadi pihak restoran tidak perlu membersihkannya terlebih dahulu.

Selain itu, peraturan baru yang lebih ramah lingkungan juga telah diberlakukan untuk "temporary food facilities" seperti pasar atau tempat festival. Sebelumnya mereka diminta untuk menawarkan peralatan makan sekali pakai. Namun, kini mereka diizinkan membersihkan wadah lebih dari satu kali pakai milik pengunjung jika mau.

Penduduk California Kini Bawa Wadah Sendiri ke RestoranFoto: iStock

"Bersenang-senang di konser atau festival tidak harus menghasilkan lautan sampah," ungkap David Chiu, anggota Majelis Perwakilan San Francisco, yang memperkenalkan undang-undang tersebut.

Ia juga mengatakan kepada SF Weekly. "Saya berterima kasih kepada Gubernur Newsom dengan undang-undang baru ini yang akan memberi para panitia acara memiliki kekuatan untuk membuat lokasi lebih hijau dan mengurangi limbah di tempat."

Baca Juga: Restoran Ini Tawarkan Makanan Gratis Jika Pengunjung Bawa Meja Sendiri


Simak Video "Undur-undur Crispy, Kuliner Yogyakarta yang Enak dan Menyehatkan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)