11 Makanan Berharga Super Mahal yang Jadi Santapan Orang Kaya

Milla Kurniaputri - detikFood Selasa, 23 Jul 2019 14:30 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Makanan berharga puluhan juta rupiah banyak terdapat di dunia. Dari jenis istimewa hingga rasa super lezat membuat makanan ini jadi mahal.

Beberapa makanan di dunia yang memiliki rasa yang enak dan sering disajikan jadi hidangan istimewa ternyata memiliki harga jual yang sangat tinggi. Meski demikian makanan dan minuman berharga mahal tetap saja laku dijual.

Berikut 11 makanan termahal di dunia yang dilansir dari MSN (20/7).

Baca Juga: 5 Rempah Terahal di Dunia, Ada yang Rp 140 Juta per Kg!

1. Caviar Almas

11 Makanan Berharga Super Mahal yang Jadi Santapan Orang KayaFoto: Istimewa

Kaviar adalah telur ikan sturgeon (Acipenser fulvescens) dan dikenal sebagai makanan mahal dan mewah. Salah satu jenis kaviar yakni Almas tercatat sebagai yang termahal di dunia.

Kaviar ini terbatas pada spesies ikan Sevruga, Ossetra, dan Beluga yang ditemukan di Laut Caspian. Kaviar berwarna kuning pucat ini biasanya dijual berkisar antara $ 20 atau Rp 280 ribu hingga $ 50 atau sekitar Rp 700 ribu per 30 gram. Atau seharga $ 25.000 (Rp 349.623.820)per 5.5 pon( 2.484 kg). Kaviar putih Iran ini hanya bisa dibeli di Caviar & Prunier House, London.

2. Melon Yubari King

Melon Yubari King hanya bisa Anda dapatkan di Pulau Hokkaido, Jepang. Melon ini memiliki rasa yang sangat manis. Daging buahnya oranye, berair dengan aroma wangi yang legit. Melon ini dianggap sebagai hadiah mewah di Jepang sehingga dijual dengan harga $ 12.000 atau sekitar Rp 170 juta per buahnya.

3. Anggur Ruby Roman

11 Makanan Berharga Super Mahal yang Jadi Santapan Orang KayaFoto: Istimewa

Anggur ini diproduksi di Ishikawa Jepang, Anggur Ruby Romans memiliki ukuran sebesar bola ping-pong dan rasanya jauh lebih manis dibandingkan dengan anggur lainnya. Di Jepang, buah musiman ini sangat menarik banyak pembeli. Anggur ini dijual dengan harga $11.000 atau sekitar Rp 154 juta untuk tiap tangkainya.

Baca Juga : Wouw! Buah Anggur Merah Jepang Ini Terjual Seharga Rp 155 Juta

4. Trifola d'Alba Madonna (Jamur White Truffle)

Jamur White Truffle biasa disajikan di restoran kelas atas untuk pelanggan dengan selera makanan tinggi. Jamur ini harganya super mahal karena kelangkaannya, ditambah dengan rasa dan aroma unik yang tidak akan pernah ada di tempat lain.

Alasan lainnya ialah karena truffle hanya dapat tumbuh dengan kondisi tanah dan udara tertentu. Truffle biasanya tumbuh di dalam tanah dan harus dipanen dengan bantuan anjing pelacak. Jamur ini ditanam di Piedmon, Italia Utara. Dijual dengan harga $4.320 atau sekitar Rp 60 juta dan akan lebih tinggi per 453 gram.

5. Semangka Hitam Densuke

11 Makanan Berharga Super Mahal yang Jadi Santapan Orang KayaFoto: Istimewa

Semangka Densuke ini memiliki daging lebih berair, renyah dan lebih manis dari semangka biasa. Hal ini dinyatakan oleh penguji rasa Toronto Star. Renyah manis dan jumlah biji yang sedikit merupakan karakter alami yang tidak direkayasa secara biologis. Semangka ini dijual dengan harga $6.100 atau sekitar Rp 85 juta per semangkanya.

6. Ayam Cemani

Ayam Cemani, jenis Indonesia memang tidak biasa, semuanya hitam mulai dari bulu dan organ hingga otot mereka. Dipercaya memiliki kekuatan dan daging ini dikatakan membawa keberuntungan dan menyembuhkan berbagai penyakit. Ayam-ayam ini banyak dicari di beberapa daerah di Indonesia dan harganya sekitar harga: $ 400 atau sekitar Rp 5,6 juta per ekor.

7. Daging sapi Kobe

11 Makanan Berharga Super Mahal yang Jadi Santapan Orang KayaFoto: iStock

Daging sapi Kobe memiliki rasa daging sapi yang intens dan kelembutan alami yang ditemukan di setiap potongannya. Daging ini harus memenuhi kriteria sertifikasi tertentu dengan skor antara 10 dan 12 pada skala Jepang.

Beberapa restoran menyebut Wagyu sebagai Kobe, namun tidak sama. Hanya sembilan restoran yang menyajikan daging sapi Kobe asli di Amerika Serikat. Beberapa restoran kelas atas menyajikan daging sapi Wagyu sebagai Kobe. Daging sapi kobe ini dijual dengan harga: $ 1.475 atau sekitar Rp 20 juta per 5 pon (2.26 kg)

8. Jamur Matsutake

Jamur ini ialah jamur paling mahal di dunia. Matsutake tumbuh di Amerika Utara, Korea Selatan, Kanada, Finlandia dan Swedia, tetapi sebagian besar diekspor ke Jepang, karena peminatnya tinggi. Matsutake memiliki arti budaya di Jepang, karena jamur melambangkan kesuburan dan kebahagiaan. Jamur dengan payung jamur kecil dan batang berwarna cokelat ini dijual dengan harga $ 55 atau Rp 800 ribu per 453 gram.

9. Kopi Black Ivory

11 Makanan Berharga Super Mahal yang Jadi Santapan Orang KayaFoto: iStock

Anda mungkin pernah mendengar tentang Kopi Luwak, biji kopi yang dipanen dari kotoran musang. Kopi Black Ivory adalah konsep yang sama tetapi dengan hewan yang berbeda, kopi ini berasal dari kotoran gajah. Selama proses pencernaan gajah yang lama, enzim memecah bahan kimia yang menyebabkan rasa pahit pada biji kopi berkurang. Rasa kopi lebih lembut dan tidak terlalu asam. Kopi ini dijual dengan harga $ 1.000 atau sekitar Rp 13 juta per 453 gram.

10. Kentang La Bonnotte

Anda mungkin tidak berpikir kentang adalah makanan mewah. Namun, kentang ini dapat dijual dengan harga $300 Rp. 4 juta per 453 gram. Berbeda dengan kentang biasanya, kentang ini tumbuh hanya di tanah yang kaya mineral di pulau kecil Noirmoutier, Prancis. Kulit kentangnya licin dengan rasa nutty mirip almond karena kondisi tanahnya yang kaya mineral.

11. Jamon Iberico de Bellota

11 Makanan Berharga Super Mahal yang Jadi Santapan Orang KayaFoto: Istimewa

Jamón Ibérico de bellota adalah ham yang dimakan bangsawan Spanyol. Terbuat dari babi liar yang diberi makan biji dari semenanjung Iberia Barat Daya. Jamón Ibérico de bellota memiliki rasa manis dengan sedikit rasa asin dan sentuhan keasaman, mirip keju Parmesan. Selain itu, lemaknya memiliki titik leleh yang sangat rendah sehingga larut di lidah dan melapisi langit-langit seperti krim. Ham ini dijual dengan harga $160 atau sekitar Rp 2 juta per 453 gram.



Simak Video "Battle 3 Bebek Goreng Surabaya, Mana Paling Lezat?"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)