Jijik! Pelanggan Ini Temukan Belatung Dalam Potongan Ayam Pesanannya

Riska Fitria - detikFood Selasa, 23 Jul 2019 11:06 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Restoran ini harus terpaksa ditutup sementara. Ini karena pelanggan menemukan belatung pada sajian ayam pesanannya.

Baru-baru ini restoran bernama Kedai Mamak yang bertempat di Teluk Kemang, Negeri Sembilan Malaysia mendadak viral. Hal ini karena pelanggan menemukan belatung di dalam ayam pesanannya.

Menjijikkannya lagi, pelanggan tersebut baru mengetahui adanya belatung setelah pesannya hampir selesai dimakan. Merasa kesal, pelanggan itu langsung memprotes kepada pihak restoran.

Jijik! Pelanggan Ini Temukan Belatung Dalam Potongan Ayam PesanannyaFoto: Istimewa

Hal tersebut diceritakan melalui sebuah video yang diunggah di facebook. Video tersebut dibagikan sebanyak 195 kali hingga menjadi viral. Dalam video tersebut terlihat sepasang suami istri yang tengah memarahi staf restoran.

Pengunggah video yang diketahui bernama Haryantie Suryadi juga memperlihatkan kondisi belatung-belatung yang menggeliat di dalam ayam pesannya. Haryantie dan suaminya lantas melaporkan kejadian yang menimpannya ini kepada pihak yang berwajib.

Baca Juga : Menjijikan! Karyawan Resto Ini Aduk Teh Pelanggan dengan Tangan

Setelah menerima laporan, pihak dari Kesehatan Negeri Sembilan, Malaysia langsung sigap mendatangi lokasi restoran yang bertempat di area Port Dickson pada 20 Juli kemarin.

Jijik! Pelanggan Ini Temukan Belatung Dalam Potongan Ayam PesanannyaFoto: Istimewa

Dr Zainuddin langsung memeriksa kebersihan restoran dan benar saja, restoran tersebut tidak memenuhi standar kebersihan yang sudah ditentukan. Sehingga restoran tersebut harus terpaksa ditutup seperti yang dilansir dari beberapa sumber.

"Inspeksi menemukan bahwa kebersihan hanya 62%, jadi tempat itu telah diperintahkan untuk ditutup selama dua minggu," ujar Dr Zainuddin.

Menurut Dr Zainuddin, sanksi tersebut diberlakukan sesuai dengan aturan yang tertulis dalam bagian pasal 11 dari Undang-Undangan Pangan 1983 Malaysia.

Jijik! Pelanggan Ini Temukan Belatung Dalam Potongan Ayam PesanannyaFoto: Istimewa

Lebih lanjut Dr Zainuddin juga menyatakan bahwa terdapat empat kesalahan yang melanggar Peraturan Food Hygiene Regulations 2009. Selain itu, Dr Zainuddin juga mendesak kepada restoran-restoran lain untuk memperhatikan lebih serius mengenai peraturan dalam hal keamanan dan kebersihan makanan. Terlebih saat menyiapkan makanan kepada pelanggan.

Hal lain juga disampaikan bahwa Departemen Kesehatan akan selalu memantau dan memeriksa setiap keluhan yang mereka terima dari pelanggan. Bahkan mereka tidak ragu untuk mengambil tindakan tegas jika ditemukan suatu pelanggaran.

Baca Juga : Menjijikan! Karyawan Fast Food Ini Ludahi Makanan dan Ribut dengan Pelanggan



Simak Video " Ingat! Jangan Asal Konsumsi Frozen Food"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)