Lihat Keberanian Glenn Alinskie Cicip Gurita dan Daging Mentah di Korea

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 22 Jul 2019 19:35 WIB
Foto: YouTube Alinskie Family/iStock Foto: YouTube Alinskie Family/iStock
Jakarta - Keluarga Glenn Alinskie baru saja berkunjung ke Korea Selatan. Mereka sengaja mampir ke pasar tradisional untuk cicip kuliner ekstrem.

Liburan Glenn Alinskie, Chelsea Olivia, dan Nastusha kali ini juga diisi agenda kerja. Keluarga Alinskie menjalin kerja sama dengan girlband Wish Girls dari SAITainment untuk menyanyikan "Yours Is Mine".

Namun di sela-sela pekerjaan, mereka juga sempatkan mampir ke pasar tradisional Korea untuk kulineran. Hal ini terungkap dari unggahan YouTube Alinskie Family yang berjudul "Extreme Street Food Korea".

Lihat Keberanian Glenn Alinskie Cicip Gurita dan Daging Mentah di KoreaFoto: YouTube Alinskie Family

Video yang diunggah pada 18 Juli 2019 ini memperlihatkan momen Glenn, Chelsea, dan Nastusha ke Gwangjang Market. "Hari ini kita mau ke Gwangjang Market. Market tradisional, banyak makanan-makanan tradisional," kata Glenn di awal video.

Baca Juga: Punya Banyak Manfaat, Glenn dan Chelsea Olivia Minum Jus Seledri 7 Hari

Gwangjang Market merupakan salah satu pasar tradisional tertua di Seoul, tulis The Seoul Guide (22/7). Pasar yang sudah ada sejak 1905 ini sekarang memuat lebih dari 5.000 toko dengan jumlah pegawai mencapai 20.000 orang.

Beragam barang dijajakan di Gwangjang Market seperti tekstil, sutera, baju bekas, hingga makanan tradisional. Saat mampir, Glenn dan Chelsea memilih ke salah satu gerai makanan untuk mencicip gurita hidup!

Lihat Keberanian Glenn Alinskie Cicip Gurita dan Daging Mentah di KoreaFoto: YouTube Alinskie Family

Menu ini disebut Sannakji dalam bahasa lokal. Terlihat gurita hidup diambil langsung dari wadah kaca transparan. Gurita lalu dipotong-potong dan disajikan di atas mangkuk dengan taburan wijen dan minyak wijen.

Gurita hidup terlihat masih bergerak-gerak saat hendak dimakan Glenn. "Dia nempel-nempel di mulut gitu. Bisa nyedot-nyedot ke tenggorokan," kata Glenn usai menyantap potongan gurita hidup. Uniknya, Nastusha yang melihat sannakji juga tertarik mencicip. Namun anak kecil tak boleh memakan sannakji.

Selain karena mentah, konsumsi sannakji memang wajib diwaspadai karena bisa timbulkan kecelakaan hingga kematian akibat tersedak. Karenanya Nastusha diperbolehkan makan sannakji yang sudah dimasak penjual. "Mau lagi," ujar Nastusha yang ternyata malah sangat doyan sannakji masak.

Lihat Keberanian Glenn Alinskie Cicip Gurita dan Daging Mentah di KoreaFoto: YouTube Alinskie Family

Baca Juga: Berani Coba? 5 Makanan Ekstrem dan Kontroversial dari Korea Selatan

Tak cuma gurita, Glenn dan Chelsea yang ditemani anggota Wish Girls juga mencoba yukhoe. Sajian ini berupa daging mentah dan telur mentah. Glenn berujar, "Jadi ini daging sapi mentah sama telur mentah. Dicampur."

Yukhoe biasanya dibumbui kecap asin, minyak wijen, merica, bawang putih giling, wijen, dan banyak lainnya. Selain dibuat dari daging sapi, yukhoe juga bisa dibuat dari lidah, jantung, atau hati sapi. Untuk memakannya, telur mentah yang ada di atas daging mentah dicampurkan hingga merata.

Lihat Keberanian Glenn Alinskie Cicip Gurita dan Daging Mentah di KoreaFoto: YouTube Alinskie Family

"Enak," kata Chelsea usai mencicip yukhoe pertama kali. Sementara Glenn punya pendapat berbeda. "Not my style. Agak pedes dikit," ujarnya. Ia melanjutkan, "Kalau aku tutup mata sih enak rasanya, cuma karena aku tau ini mentah sementah-mentahnya dicampur telur mentah, jadi rasanya kayak gimana gitu."

Terlihat yukhoe yang mereka makan juga dilengkapi irisan pir. "Makannya harus sama buah pir," sambung Glenn.

Keluarga muda ini juga tak melewatkan jajanan tradisional Korea lainnya di Gwangjang Market. Ada japchae hingga tteokbokki yang juga mereka coba. "Di Gwangjang Market ada semua snack tradisional Korea sampai yang ekstrem. Ini tempat favorit gue di Korea yang baru," pungkas Glenn dan Chelsea.



Simak Video "Silong, Sashimi khas Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)