Nikmatnya Wedang Uwuh Minuman Tradisional 'Ibu Lies' dari Ungaran

Aji Kusuma - detikFood Senin, 22 Jul 2019 17:00 WIB
Foto: dok. detikFood/Aji Kusuma Foto: dok. detikFood/Aji Kusuma
Semarang - Teringat racikan jahe wangi buatan sang ibu, Lilies Syarifah yang akrab dipanggil Ibu Lies mulai merintis usaha di bidang minuman tradisional sejak tahun 1997.

Saat detikcom berkunjung ke outlet milik Ibu Lies, tampak aneka minuman tradisional tersaji rapi di gerai bernama Minuman Tradisional "Ibu Lies". Lokasinya ada di Jalan Urip Sumoharjo No 41 Ungaran. Beragam racikan minuman tersedia di sini. Ada Jahe Wangi, Beras Kencur, Kunyit, Sari Wortel, Kunci Sirih, Kunyit Putih, Sirup Jahe Alang-Alang, dan Wedang Uwuh.

Baca Juga: Yuk, Kulineran Asyik di 'Festival Pulang Semarang'!
Nikmatnya Wedang Uwuh Minuman Tradisional 'Ibu Lies' dari UngaranFoto: dok. detikFood/Aji Kusuma
"Usaha ini saya rintis karena saat tinggal di Ungaran dulu kan dingin cuacanya. Jadi saya ingat minuman tradisional buatan ibu. Saya praktekkan, lalu dibagi ke tetangga dan rekan suami di kantor. Alhamdulillah cocok dan sekarang menjadi usaha keluarga," ungkap Ibu Lies kepada detikcom, Senin (22/7/2019).

Penasaran dengan rasa minuman tradisional "Ibu Lies", detikcom mencicipi segelas wedang uwuh yang katanya punya rasa khas. Disajikan panas dengan warna minuman merah kecokelatan. Hirupan pertama terasa nikmat dan pas, tak ada rasa pedas jahe yang kuat. Begitu juga aroma kapulaga yang berpadu dengan wangi serai dan cengkeh menjadikan segelas wedang uwuh makin nikmat terasa.

"Wedang uwuh buatan kami, sengaja menggunakan komposisi yang khas, yakni tidak ada rasa yang mendominasi. Jadi cocok untuk anak-anak dan remaja yang nggak begitu suka dengan rasa pedas jahe," terang Ibu Lies yang pernah mendapat penghargaan terkait ketahanan pangan di Istana Presiden pada 2007 silam.
Nikmatnya Wedang Uwuh Minuman Tradisional 'Ibu Lies' dari UngaranFoto: dok. detikFood/Aji Kusuma

Ia menambahkan saat ini dalam sehari usaha miliknya mampu memproduksi ratusan bungkus wedang uwuh. Adapun untuk bahan yang digunakan ia mengaku bekerja sama dengan petani lokal di sekitaran Kabupaten Semarang.

"Sehari itu bisa buat sekitar 200 pak wedang uwuh. Kalau harga wedang uwuh per pak lima ribu rupiah, jamu siap seduh mulai 10 ribu sampai 15 ribu rupiah, dan Jahe Alang-Alang seharga 35 ribu rupiah. Produk kami selalu fresh karena antara jarak produksi dengan penjualan selalu berdekatan. Tidak pernah stok atau takut kehabisan bahan baku, karena bahan baku selalu tersedia dari petani lokal yang juga dari sekitar Ungaran, " tegas Ibu Lies.

Pola pemasaran produk Minuman Tradisional "Ibu Lies" melalui dua sistem, yakni offline dan online. Selain itu untuk reseller Ibu Lies memiliki harga khusus yang disesuaikan dengan ongkir dan jumlah produk yang dibeli.
Nikmatnya Wedang Uwuh Minuman Tradisional 'Ibu Lies' dari UngaranFoto: dok. detikFood/Aji Kusuma
"Kalau reseller tentu ada harga tersendiri, sesuai jumlah pesanan dan estimasi ongkir. Kami siap melayani pembeli di outlet, ataupun melalui instagram @wedanguwuh_Ibulies . Jangan takut untuk memesan secara online, kami sudah terbiasa mengirim ke berbagai kota, tak hanya di pulau Jawa, kami juga mengirim ke Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali. Kemasan kami sudah sesuai standard keamanan sehingga tetap dalam kondisi baik selama perjalanan pengiriman hingga sampai ke rumah konsumen, " tandas Ibu Lies.

Baca Juga: Ngopi Plus Panorama Cantik di Lodji Londo Semarang

Simak Video "Surga! ''Nasi Gandul'' Pak Memed di Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)