Ngopi Plus Panorama Cantik di Lodji Londo Semarang

Aji Kusuma - detikFood Jumat, 05 Apr 2019 09:30 WIB
Foto: Aji Kusuma Foto: Aji Kusuma
Semarang - Menikmati kopi enak sambil melihat pemandangan asri bisa Anda lakukan sekaligus di kafe ini. Waktu berjalan lambat karena nikmatinya kopi dan sejuknya udara.

Lodji Londo Coffee bisa jadi pilihan tepat bagi penikmat kopi yang juga mencari pemandangan asri khas pedesaan. Diberi nama Lodji Londo karena bangunan kedai kopi itu berdiri di sebuah bangunan yang memiliki konsep arsitektur Rumah Lodji Belanda.

Ngopi Plus Panorama Cantik di Lodji Londo SemarangFoto: Aji Kusuma

Bentangan pemandangan alam akan menemani waktu minum kopi pengunjung Lodji Londo yang berada di tepi sawah. Cukup mudah mencari alamat kedai kopi yang memiliki akun instagram @lodjilondo itu. Tepatnya berada di wilayah Sidorejo, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang.

Detikfood berkesempatan mengunjungi Lodji Londho Coffee pada Rabu Sore (3/4/2019). Memilih duduk di area terbuka, kami menikmati segelas cappuccino lengkap dengan pemandangan Gunung Ungaran yang berselimut kabut di sebelah barat.

Ngopi Plus Panorama Cantik di Lodji Londo SemarangFoto: Aji Kusuma

Slurppp!!! Cappuccino bercampur manis alami susu terasa gurih dengan rasa kopi yang pas. Semilir udara sepoi-sepoi menambah syahdu suasana ngopi sore kali itu.

Majid (19), barista yang meracik cappuccino kami, begitu ramah saat bercerita tentang perjalanan Lodji Londo Coffee sejak awal hingga saat ini. Pria yang mengaku belajar meracik kopi secara otodidak itu selalu setia mendengar masukan pelanggan untuk menciptakan kualitas rasa yang terbaik.

"Kami buka sejak awal mei 2018 silam. Di kedai ini juga, saya belajar meracik kopi. Bagi saya, setiap kali meracik kopi adalah proses belajar. Dari pelanggan juga saya belajar, karena kadang mereka punya masukan soal rasa dan kualitas," ungkap Majid.

Ngopi Plus Panorama Cantik di Lodji Londo SemarangFoto: Aji Kusuma

Ia menambahkan metode yang digunakan untuk meracik kopi di Lodji Londo terdapat beberapa teknik. Dari kesemua teknik itu, ada kesamaan dalam cara membuatnya, yakni menggunakan metode manual brewing.

"Kalau soal metode racikan kopi ada pour over V 60, aeropress, espresso, dan wave dripper. Sedangkan bagi penikmat non kopi kami menyediakan menu minuman seperti cokelat, red velvet, taro dan squash. Rentang harga mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 18 ribu," ungkap Majid.

Ngopi Plus Panorama Cantik di Lodji Londo SemarangFoto: Aji Kusuma

Waktu operasional Lodji Londo dimulai dari pukul 15.00 WIB hingga 24.00 WIB. Kedai kopi yang memiliki motto ngopi demi instatory itu memilih hari libur operasional di hari selasa setiap pekannya.

Ngopi Plus Panorama Cantik di Lodji Londo SemarangFoto: Aji Kusuma

"Kami juga bekerja sama dengan komunitas Ruang Berkembang. Setiap Selasa Kliwon ada agenda musik akustik, pembacaan puisi dan diskusi budaya. Pemilihan waktu pada hari Selasa karena acara Ruang Berkembang murni untuk berkomunitas bukan bagian dari promosi Lodji Londo. Namun Jangan khawatir meski kami tutup tetap ada free kopi dan jajanan lokal," tandas Majid. (lus/odi)