Nasi Kandar, Bahn Mi dan Pho Menanti Anda di Malaysia dan Vietnam

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 21 Jul 2019 10:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Negara-negara di Asia Tenggara punya kuliner dengan rasa eksotik. Jika berkunjung ke sana, jangan lupa mencicipi aneka sajian uniknya.

Asia Tenggara terkenal dengan keragaman budaya dan tentunya kuliner. Salah satu negara yang paling banyak dikunjungi ada Malaysia, Thailand, Singapura, Kamboja, hingga Vietnam.

Lima negara ini punya ciri khas kuliner lokal yang berbeda, seperti Nasi Kandar dari Malaysia, Laksa dari Singapura, hingga lap khmer dari Kamboja.

Baca Juga: Perbedaan Rasa Makanan Asia dan Barat Terungkap


1. Malaysia

Nasi Kandar, Bahn Mi dan Pho Menanti Anda di Malaysia dan VietnamFoto: Istimewa

Malaysia punya pengaruh kuliner dari Melayu, India, Arab, hingga China. Mirip seperti negara di Asia Tenggara lainnya, Malaysia juga kental dengan kuliner kaki lima yang menjual berbagai makanan dengan harga terjangkau.

Makanan lokal yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Malaysia, ada nasi kandar yang terdiri dari aneka sayuran, potongan daging ayam goreng, dikasih siraman kuah kari dan sambal. Ada juga menu populer seperti nasi lemak, hingga makanan penutup apam balik.


2. Thailand

Nasi Kandar, Bahn Mi dan Pho Menanti Anda di Malaysia dan VietnamFoto: Istimewa

Hidangan di Thailand ini sebenarnya terbagi menjadi tiga bagian sesuai wilayahnya. Seperti masakan yang datang dari tengah, selatan, dan utara Thailand. Makanan lokal yang wajib dicoba tentunya ada Tom Yam, dengan rasa kuah pedas asam.

Kemudian ada Pad Kra Pao hidangan nasi dengan daging tumis yang disajikan dengan telur mata sapi, sambal rawit merah yang menggugah selera. Sementara untuk hidangan penutup, Khao Niew Ma Muang, yaitu buah mangga yang disajikan dengan nasi ketan dan santan yang enak.


3. Kamboja

Nasi Kandar, Bahn Mi dan Pho Menanti Anda di Malaysia dan VietnamFoto: Istimewa

Sering dianggap memiliki makanan yang serupa dengan Thailand dan Vietnam. Kamboja punya ciri khas olahan nasi yang terkenal, dengan cita rasa sedikit pedas dan penggabungan cabai di setiap makanannya.

Untuk makanan lokal yang terkenal ada Fish Amok, hidangan yang satu ini mirip seperti kari ikan karena dimasak menggunakan santan, kunyit, hingga jahe. Aroma harum dari ikan yang dibalut dengan daun pisang, membuat rasanya semakin enak. Jangan lupa cicip Lap Khmer, Kampot, hingga Nom Banh Chok.


4. Singapura

Nasi Kandar, Bahn Mi dan Pho Menanti Anda di Malaysia dan VietnamFoto: Istimewa

Sebagai salah satu kota modern di Asia Tenggara, Singapura punya perpaduan kuliner yang mirip dengan negara tetangga seperti Indonesia dan Malaysia. Di sini juga terkenal aneka jajanan kaki lima, yang dikenal sebagai hawker culture.

Untuk makanan lokalnya ada laksa, yang dibuat dari santan dengan campuran seafood yang enak. Kemudian ada Hainan chicken rice, yang meski berasal dari China, tapi sangat populer di sini. Untuk makanan manisnya ada kaya toast, yaitu roti selai yang biasanya disantap dengan kopi hingga telur setengah matang.


5. Vietnam

Nasi Kandar, Bahn Mi dan Pho Menanti Anda di Malaysia dan VietnamFoto: Istimewa

Disebut sebagai salah satu negara yang cocok untuk turis backpacker, karena biaya hidup yang murah. Vietnam kaya akan budaya, dan kuliner enak yang menggabungkan aneka rempah dan bahan-bahan seperti cabe, hingga daun seledri.

Makanan lokal yang paling populer ada Pho, yang terinspirasi dari kuliner Prancis. Hidangan mie ini memiliki kuah kaldu yang bening, dengan irisan daging tipis yang empuk. Selain itu ada juga Banh Mi, Bun Cha, hingga Bahn Xeo.

Baca Juga: Orang Asia Tenggara Punya Selera Minuman yang Sama (sob/odi)