Orang Asia Tenggara Punya Selera Minuman yang Sama

Akfa Nasrulhak - detikFood Kamis, 03 Jan 2019 16:45 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Asia Tenggara memiliki banyak suku dan budaya. Kawasan yang terdiri dari 11 negara ini punya tradisi yang khas. Meski demikian untuk urusan lidah, orang Asia Tenggara ternyata memiliki selera yang sama.

Masyarakat Asia Tenggara, terutama Indonesia, memiliki kesamaan dengan negara-negara tetangganya. Apalagi di era digital ini, semua orang ingin hidup serba instan. Hanya dalam genggaman tangan semua bisa diperoleh. Termasuk dalam memesan makanan, memenuhi kebutuhan sehari-hari, hingga penggunaan transportasi.

Salah satu perusahaan ride hailing asal Singapura, Grab, menemukan beberapa fakta yang menunjukkan persamaan orang Asia Tenggara, seperti preferensi minuman seperti di Indonesia.


"Sebagai contoh, masyarakat lokal di Indonesia sangat menyukai bubble tea. Minuman ini telah dipesan melalui GrabFood lebih dari 1,5 juta kali sepanjang tahun 2018. Tiap 5 pesanan bubble tea lewat GrabFood di seluruh Asia Tenggara, ada 1,5 pesanan dari pelanggan di Indonesia," tulis Grab di laman resminya yang dikutip detikFood, Kamis (3/1/2019).

Selain dalam hal minuman, orang Asia Tenggara pun ternyata memiliki kesamaan dalam hal gaya hidup. Grab mengungkap 1 dari 4 pelanggannya di Asia Tenggara tengah menuju atau dari pusat perbelanjaan.

"Yang kedua adalah kegemaran kita untuk berbelanja dalam suatu waktu yang bersamaan, 1 dari 4 pelanggan di Asia Tenggara tengah dalam perjalanan dari atau menuju sebuah pusat perbelanjaan," tulis Grab.

Melihat berbagai fakta dari data-data sepanjang tahun 2018 Grab menunjukkan gaya hidup masyarakat Indonesia dengan negara-negara tetangga tak memiliki kesenjangan yang signifikan. Grab berharap penggunaan data tersebut merupakan rangkaian perbaikan layanan serta memiliki dampak sosial luas.

(prf/mpr)