Perbedaan Rasa Makanan Asia dan Barat Terungkap

- detikFood Kamis, 22 Des 2011 14:02 WIB
Jakarta - Tiap negera memiliki keunikan gaya hidup.Tak hanya fashion, bahasa, dan budaya yang berbeda tetapi juga cita rasa masakan. Rasa, jenis bumbu, dan bahan-bahan makanan hingga pengolahannya berbeda. Inilah yang diungkap pada riset terbaru!

Perbedaan budaya tradisional dapat membagi cita rasa suatu makanan antara Amerika Utara dan Asia. Seperti cara memasak, kebiasaan makan, dan resep-resep terkenal. Masing-masing memiliki ciri khas bumbu seperti kecap, jahe dan sriracha (saus khas Thailand untuk bumbu cocol seafood) dalam makanan Asia Tenggara, atau mentega dan sirup dalam makanan Asia Selatan. Demikian yang dilaporkan huffingtonpost.

Namun penelitian baru dari tim Internasional yang dipimpin oleh Yong-Yeol Ahn dan Sebastian Ahnert, yang diterbitkan dalam laporan ilmiah, menunjukkan bahwa ada acuan yang lebih mendalam. Ternyata masakan Amerika Utara dan Eropa Barat memiliki rasa dan bahan-bahan yang sama dalam satu resep.

Hal ini dinyatakan bahwa bahan-bahan dalam resep tradisionalnya dikaitkan dengan masuknya cita rasa masakan Barat dengan rasa yang kuat. Sementara di Asia Timur dan Eropa Selatan cenderung berbeda. Resep masakan Asia cenderung berbeda dengan yang lainnya dan memiliki rasa khas tersendiri.

Para peneliti menemukan kecenderungan rasa masakan ini dengan menganalisa resep-resep tiap negara bagian, yang ditemukan secara online di AllRecipes dan Epicurious. Mereka mengunduhribuan resep yang tersedia pada masing-masing database. Kemudian data ditambahkan pada molekul database untuk menentukan rasa.

Proses menambahkan informasi rasa pada database untuk mengetahui tingkat rasa dan keasaman dari setiap bahan yang digunakan. Hal ini juga ditemukan beberapa temuan menarik termasuk jenis rasa yang dapat membedakan rasa bahan makanan dunia ke masing-masing kelompok rasa.

Hasil penelitian tersebut, memungkinkan para peneliti menemukan adanya perpaduan rasa antara rasa alkohol dengan buah-buahan, sayuran dengan rempah-rempah, dan antara rasa daging dengan kacang-kacangan.

Setelah banyak analisis statistik yang didapat, para peneliti menemukan bahwa banyak perbedaan antara rasa dan cara memasak dari masing-masing negara. Dari jumlah keseluruhan pada penelitian juga terdapat beberapa bahan yang digunakan berbeda.

Para pecinta masakan Amerika Utara sangat menyukai makanan yang dipanggang dan mengandung susu, mentega, cokelat, vanili, krim keju, telur, selai kacang dan strawberry

Keharmonisan rasa masakan Amerika Utara berasal dari beberapa produk makanan yang dipanggang khususnya mengandung susu, mentega, cokelat, vanili, krim keju, telur, selai kacang dan strawberry. Pada masakan Asia Timur memiliki ciri khas masakan dengan daging sapi, daging babi jahe, ayam cabai merah dan bawang.

Bahan-bahan makanan yang dimiliki masing-masing negara merupakan karakteristik dari masing-masing resep budaya. Perpaduan resep bahan dari satu negara dengan yang lainnya akan menciptakan rasa yang unik dan sebagai pertanda baik bagi kesuksesan koki handal di dunia di masa akan datang.





(Odi/Odi)