Bagikan Cerita Santap Makanan Sisa di Restoran, Pria Ini Disebut 'Freegan'

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 19 Jul 2019 18:43 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Netizen di Singapura dihebohkan dengan adanya warga yang membagikan pengalaman menyantap makanan sisa di restoran. Banyak yang menyebutnya 'freegan level atas'.

Pemilik akun Facebook Luo Yonghui membuat geger netizen Singapura. Ia menuliskan pengalaman santap malamnya di grup SG Food Rescue.

Bagikan Cerita Santap Makanan Sisa di Restoran, Pria Ini Disebut 'Freegan'Foto: Istimewa

Dalam unggahan tersebut, Luo membagikan foto semangkuk ramen goreng. Tak ada yang salah pada tampilan ramen tersebut.

Hanya saja ia menulis keterangan, "Merasa lapar, jadi saya putuskan untuk pergi ke sebuah kedai kopi untuk membeli sesuatu, tapi (di sana) tampak banyak makanan sisa. Saya hanya mengambil alat makan baru dan menghabiskan sisa makanan itu. Berakhir tanpa merogoh kocek sama sekali dan kenyang."

Baca juga: Aplikasi Ini Bisa Kurangi Limbah Makanan dengan Berbagi Makanan

Bagikan Cerita Santap Makanan Sisa di Restoran, Pria Ini Disebut 'Freegan'Foto: Istimewa

Unggahannya lantas dikomentari banyak netizen. Tentunya dengan komentar bernada negatif.

"Apa saya tidak salah baca!!?? Anda pasti becanda," tulis akun Theresa Low seperti dikuti dari NextShark (17/7).

"Saya mengerti mengapa Anda melakukan ini, saya tidak yakin jika kita sebaiknya melakukan hal yang sama. Anda sebenarnya membuat tubuh Anda berisiko terkena masalah kesehatan dibalik aksi mengurangi limbah makanan," sahut akun Tan Li Bing.

"Freegan level atas. Anda bisa menggantikan Daniel," canda seorang netizen.

Seperti yang diketahui sebelumnya, seorang warga Singapura bernama Daniel Tay menyebut dirinya 'Freegan'. Kaum freegan sendiri adalah sebutan untuk orang yang mencoba menghabiskan uang seminimal mungkin untuk bertahan hidup. Kebanyakan penganut freegan memilih untuk memakan sisa makanan yang sudah dibuang pemiliknya.

Bagikan Cerita Santap Makanan Sisa di Restoran, Pria Ini Disebut 'Freegan'Foto: Istimewa

Pola makan ini diterapkan guna menekan biaya makan sehari-hari, dengan cara mengambil makanan sisa yang masih layak makan di tong sampah. Kabarnya usai setahun menjadi Freegan, Daniel Tay hanya mengeluarkan uang sebesar $S8 atau sekitar Rp 113 ribu di tahun 2017.

Pria ini mulai mencari berbagai barang kebutuhan dari tempat sampah. Langkah Daniel menjadi Freegan semakin terasa mudah karena tetangganya sering memberi makanan.

Baca juga: Bermodal Rp 100 Ribu, Pria Ini Bisa Makan Enak Selama Setahun (dwa/odi)