Bermodal Rp 100 Ribu, Pria Ini Bisa Makan Enak Selama Setahun

Devi Setya - detikFood Kamis, 25 Apr 2019 15:10 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Di kota besar uang Rp 100 ribu mungkin hanya bisa dipakai untuk satu kali makan. Tapi bagi pria Singapura ini bisa untuk menyantap makanan selama setahun. Kok bisa?

Dikabarkan Cleo (25/4) pria asal Singapura bernama Daniel Tay berhasil mengabiskan uang $ 8 (Rp 113 ribu) untuk biaya makan selama setahun. Hal ini sudah ia buktikan sepanjang tahun 2017 lalu.

Dengan pola hidup yang super hemat ini, Daniel menyebut dirinya sebagai freegan. Kaum freegan sendiri adalah sebutan untuk orang yang mencoba menghabiskan uang seminimal mungkin untuk bertahan hidup
Bermodal Rp 100 Ribu, Pria Ini Bisa Makan Enak Selama Setahun Foto: istimewa

Baca juga : Tak Punya Cukup Uang, Anak Ini Makan dari Tempat Sampah Sekolahnya

Pria berusia 38 tahun ini mengatakan, "Freegan adalah orang yang menghabiskan uang sangat sedikit bahkan gratis untuk mendapatkan barang kebutuhan," kata Daniel.

Daniel menjalani pola hidup seperti ini setelah bertemu dengan Colin, pria yang kemudian mengubah hidupnya. Pertemuan yang terjadi November 2016 ini kemudian mengubah cara pandang Daniel tentang pola menghabiskan uang demi kebutuhan harian.

"Waktu itu Colin mengatakan, di usia ia yang menjelang 50 tahun, ia hanya menghabiskan uang pensiunnya $100 (Rp 1,4 juta) dalam sebulan," kata Daniel.
Bermodal Rp 100 Ribu, Pria Ini Bisa Makan Enak Selama Setahun Foto: istimewa

Lebih lanjut, Daniel mengatakan kalau Colin menghabiskan uang tersebut hanya untuk membayar tagihan. Dari sini Daniel bertekad untuk menjadi freegan.

Pria ini mulai mencari berbagai barang kebutuhan dari tempat sampah, termasuk mencari makanan yang akan disantapnya setiap hari. Langkah Daniel semakin terasa mudah karena tetangganya sering memberi makanan.
Bermodal Rp 100 Ribu, Pria Ini Bisa Makan Enak Selama Setahun Foto: istimewa

Baca juga : Pasangan Ini Makan 'Sampah' Demi Berhemat Rp 2,9 Juta Tiap Bulan

Setiap hari ada saja tetangga yang meletakkan makanan di depan rumah Daniel. Saking banyaknya makanan yang dikumpulkan, Daniel mengaku kulkasnya sampai penuh menampung buah dan sayuran.

Setelah sukses menjadi freegan selama setahun, kini Daniel tetap menjalani pola hidup super hemat. Ia mengaku dengan cara ini ia bisa lebih menghargai hidup dengan cara menghindari pemborosan.


Simak Juga Tips Hemat Belanja Bulanan:

[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)