Ini Jenis Pasta yang Paling Cocok Dipadu Saus Bolognese

Riska Fitria - detikFood Kamis, 18 Jul 2019 19:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Umumnya orang menjodohkan spaghetti dengan saus bolognese. Padahal menurut orang Italia, tidak cocok. Ini jenis pasta yang lebih cocok.

Menurut orang Italia, tagliatelle paling cocok diberi saus bolognese. Pasta ini merupakan jenis pasta klasik dari region Emilia-Romnagna di Italia. Pasta jenis ini memiliki bentuk yang lebih pipih dengan panjang sekitar 0.65 cm hingga 1 cm.

Kebanyakan orang ketika membuat sajian pasta bolognese selalu menggunakan spaghetti. Mungkin bisa jadi benar, tetapi itu bukan bahan yang tepat untuk membuat sajian autentik Italia ini.
Ini Jenis Pasta yang Paling Cocok Dipadu Saus BologneseFoto: Istimewa

Hal tersebut disampaikan oleh nenek seorang pakar makanan yang tergabung di 'Deliver-A-Nonna', sebuah komunitas yang menawarkan makanan khas Italia. Menurutnya bolognese yang menggunakan spaghetti merupakan sajian khas Inggris.

Lebih lanjut nenek bernama Celia Hopkins tersebut mengatakan bahwa pasta yang tepat untuk bolognese adalah jenis tagliatelle. Pasta akan terasa lebih khas jika adonannya dibuat sendiri. Celia dan teman-temannya sering membuat pasta jenis ini.

Baca Juga : Yuk, Bikin Pasta Tradisional dari Komunitas Para Nenek Italia Ini!

Selain itu pasta jenis tagliatelle ini dirasa lebih baik, karena bisa meresap ke dalam pasta dan lebih tahan lama. Karena permukaannya lebih pipih lebar. Sementara spaghetti berbentuk silinder. Ternyata kesalahan selama ini bukan hanya pada jenis pasta yang digunakan.
Ini Jenis Pasta yang Paling Cocok Dipadu Saus BologneseFoto: Istimewa

Tetapi juga pada saat penyajian. Mungkin Anda sering melihat sajian pasta bolognese dengan saus yang diletakkan di bagian atas. Itu merupakan sajian khas Inggris.

Orang Italia lebih sering mencampurkan langsung pada pasta yang direbus hingga merata. Pasta yang sudah direbus, selagi panas diaduk langsung dengan saus bolognese.
Ini Jenis Pasta yang Paling Cocok Dipadu Saus BologneseFoto: Istimewa

Kesalahan tersebut sudah sering dilakukan sejak lama. Untuk itu, Celin dan teman-temannya berniat untuk mengungkapkan kebenaran yang sesungguhnya. Tak lupa nenek berusia 64 tahun ini juga membeberkan tips saat memasak pasta.

Saat merebus pasta, pastikan Anda menambahkan garam, karena itu sebuah keharusan. Gunakan panci besar dengan banyak air untuk hasil yang bagus. Kemudian masak saus dalam wajan. Setelah pasta mulai matang, angkat pasta dan campur pasta ke wajan berisikan saus tersebut.

Baca Juga : Pasta Tradisional Italia Dibuat dan Dibentuk dengan Tangan (raf/odi)