Donat Kampung hingga Artisan

Ini 5 Tips Saat Beli dan Goreng Donat Beku

Devi Setya - detikFood Kamis, 18 Jul 2019 19:00 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Donat beku kini banyak dijual di pasaran. Selain rasanya empuk seperti donat segar, donat beku juga dijual dengan harga terjangkau.

Proses membuat donat yang memakan waktu lama membuat orang memilih membeli donat beku yang siap goreng. Donat ini bisa langsung digoreng lalu disantap hangat. Rasa dan harganya juga tak mengecewakan.

Beberapa hal ini perlu Anda perhatikan saat membeli dan menggoreng donat beku.

1. Beli di tempat terpercaya
Ini 5 Tips Saat Beli dan Goreng Donat BekuFoto: istimewa

Donat beku banyak dipasarkan di supermarket, pasar hingga toko online. Sebelum membeli, pastikan donat dibuat oleh produsen terpercaya.

Cirinya adalah kemasan yang bersih dan rapi, ada nama brand yang jelas, bentuk dan tampilan donat juga baik serta harganya masuk akal. Jangan tergoda dengan donat beku yang harganya terlalu murah karena disinyalir diolah dengan bahan tak berkualitas.

Baca juga : Asli Belanda, Donat Klasik hingga Donat Kentang Justru Populer di Amerika Serikat

2. Perhatikan tanggal produksi
Proses penyimpanan pada suhu rendah memang membuat makanan awet dalam waktu lama tapi tetap jangan lengah. Perhatikan tanggal produksi donat, biasanya produsen mencantumkan tanggal ini pada kemasan.

Pilih donat dengan tanggal produksi yang paling baru. Serta perhatikan juga tanggal kadaluarsanya. Jika donat beku akan dijadikan stok jangka panjang maka pilih yang masa berlakunya agak lama.

3. Lihat ciri fisik donat
Ini 5 Tips Saat Beli dan Goreng Donat BekuFoto: istimewa

Adonan donat yang dalam keadaan beku biasanya saling menempel tapi pastikan memilih yang bentuknya paling baik. Ukurannya juga sama. Hindari membeli donat beku yang bentuknya berantakan dan banyak memar.

Bentuk donat yang sudah tak jelas menandakan proses distribusi dan penyimpanan yang tak baik. Bisa jadi donat pernah dilumerkan dan dibekukan lagi.

4. Langsung simpan dalam freezer
Layaknya makanan beku lain, donat juga harus segera disimpan dalam freezer setelah dibeli. Makanan beku yang sudah meleleh akan mudah rusak, jadi untuk menjaga kualitas dan kesegarannya, segera simpan freezer jika tak ingin langsung digoreng.

5. Menggoreng donat
Ini 5 Tips Saat Beli dan Goreng Donat BekuFoto: istimewa

Menggoreng donat beku sangatlah mudah, seperti donat segar. Goreng dalam minyak banyak dan panas. Pastikan donat sudah tidak beku ketika hendak digoreng, idealnya donat harus dilumerkan semalaman di suhu kulkas.

Donat bisa langsung digoreng hingga mengembang dan berubah warna menjadi kecoklatan. Gunakan api kecil agar donat matang perlahan dan tidak cepat gosong. Beberapa donat beku dijual dalam keadaan setengah matang jadi tak perlu terlalu lama menggorengnya. Sajikan dengan berbagai topping seperti gula halus hingga cokelat leleh.

Baca juga : Kentang hingga Talas Bikin Donat Makin Unik Rasanya

Simak Video "Di Kafe Ini, Donat Kampung Disulap Jadi Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)