Donat Kampung hingga Artisan

Kentang hingga Talas Bikin Donat Makin Unik Rasanya

Devi Setya - detikFood Selasa, 16 Jul 2019 19:00 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Umumnya donat dibuat dengan tepung terigu, tapi ada beberapa kreasi donat yang ditambahkan umbi. Ada donat kentang hingga donat ubi ungu yang unik.

Donat kentang termasuk kreasi yang paling populer tapi disamping itu, ada juga donat singkong, donat ubi dan donat talas yang tak kalah nikmat. Aneka umbi membuat donat lebih kaya rasa. Berikut beberapa donat umbi yang populer.

1. Donat Kentang
Kentang hingga Talas Bikin Donat Makin Unik RasanyaFoto: istimewa

Donat kentang kerap disebut spudnut. Donat ini terbuat dari campuran tepung terigu dan kentang tumbuk atau tepung kentang. Jenis donat ini bahkan populer di Amerika sejak ratusan tahun lalu.

Sebelum ditambahkan dalam adonan, kentang lebih dulu dikukus lalu dihaluskan. Proses pengolahannya tidaklah berbeda namun donat kentang memiliki tekstur yang lebih lembut. Donat kentang juga bisa dikreasikan dengan tambahan berbagai topping manis.

Baca juga : Asli Belanda, Donat Klasik hingga Donat Kentang Justru Populer di Amerika Serikat

2. Donat Singkong
Kentang hingga Talas Bikin Donat Makin Unik RasanyaFoto: istimewa

Hampir sama dengan donat kentang, donat dengan tambahan singkong ini juga tak kalah menggoda. Apalagi bahan baku singkong lebih murah dan mudah didapatkan.

Untuk membuat donat singkong yang empuk maka digunakan perbandingan 1:1 antara tepung dan singkong kukus. Donat singkong juga punya tekstur yang empuk mirip donat kentang. Kalau mau rasanya makin enak, tambahkan susu bubuk pada adonan donat.

3. Donat Ubi
Kentang hingga Talas Bikin Donat Makin Unik RasanyaFoto: istimewa

Selain punya tekstur yang empuk, donat ubi juga terasa lebih manis. Donat ini bisa jadi alternatif camilan enak dan sehat karena mengandung gula alami.

Ubi yang digunakan bisa menggunakan ubi jalar maupun ubi ungu. Ubi ungu membuat warna donat lebih menarik ketika sudah matang. Donat ubi biasanya disajikan dengan taburan gula bubuk atau meises cokelat.

4. Donat Talas
Kentang hingga Talas Bikin Donat Makin Unik RasanyaFoto: istimewa

Umbi talas juga bisa dimanfaatkan sebagai campuran dalam adonan donat. Talas yang punya rasa tawar ternyata bisa membuat donat semakin enak dan bertekstur lembut.

Karena sifat alami talas yang browning maka ketika matang, donat talas memiliki warna yang lebih gelap. Donat talas bisa dikreasikan dengan berbagai topping menarik.

Baca juga : Donat Kentang Sudah Ada di Amerika Sejak Pertengahan Tahun 1900

Simak Video "Di Kafe Ini, Donat Kampung Disulap Jadi Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)