Donat Kampung HIngga Artisan

Ini 5 Topping Donat Kekinian yang Legit dan Populer

Riska Fitria - detikFood Kamis, 18 Jul 2019 17:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Disebut donat kekinian karena donat ini menggunakan topping-topping yang berbeda dengan donat klasik. Dari matcha hingga brownies.

Jika Anda mulai bosan dengan topping donat yang itu-itu saja, Anda bisa mencoba beberapa paduan bahan yang baru. Mulai dari smore hingga matcha, berikut topping donat kekinian yang populer.

1. Smore
Ini 5 Topping Donat Kekinian yang Legit dan PopulerFoto: Istimewa

Smore adalah camilan yang terbuat dari marshmallow, biskuit, dan cokelat yang dipanggang hingga agak lelah. Camilan ini populer di Amerika Serikat. Saking populernya bahkan dijadikan topping untuk sajian donat.

Donat yang menggunakan topping ini lebih nikmat jika marshmallow di atasnya dipanggang hingga meleleh hingga lelehannya melumuri bagian donat. Selain tampilannya cantik, donat pun akan terasa lebih manis.

2. Oreo
Ini 5 Topping Donat Kekinian yang Legit dan PopulerFoto: Istimewa

Oreo. merupakan biskuit hitam yang populer sebagai topping pada camilan-camilan. Salah satunya pada donat. Oreo yang dijadikan topping lebih dulu dipisahkan antara biskuit dan krim putihnya.

Kemudian biskuit hitamnya ditumbuk hingga menjadi butiran-butiran halus. Atau bisa juga berupa potongan-potongan dari biskuit oreo. Barulah kemudian ditaburi ke atas donat hingga menutupi lapisan atas donat. Kini banyak gerai donat kekinian yang menawarkan donat jenis ini.

Baca Juga : Kentang hingga Talas Bikin Donat Makin Unik Rasanya

3. Cappuccino
Ini 5 Topping Donat Kekinian yang Legit dan PopulerFoto: Istimewa

Cappuccino tidak hanya enak untuk sajian kopi. Jika dicampur untuk sajian donat rasanya tak kalah enak. Cara membuatnya juga mudah. Pertama siapkan bahan-bahan seperti bubuk cappucino, gula pasir, cokelat putih dan whipped cream.

Kemudian bahan-bahan tersebut dilelehkan dan dicampur hingga merata. Setelah tercampur dengan merasa baru bisa dioleskan ke bagian atas donat saat donat masih hangat.

4. Brownies Nutella
Ini 5 Topping Donat Kekinian yang Legit dan PopulerFoto: Istimewa

Mungkin sebagian masih ada yang belum mendengar donat dengan topping brownies dan selai cokelat hazelnut, nutella. Donat ini pertama kali dipopulerkan di Australia baru kemudian merambah hingga ke Inggris.

Sajiannya mewah karena menggunakan brownies dan nutella sekaligus. Sebelum ditaburi topping, donat terlebih dulu dilapisi dengan glaze cokelat. Kemudian baru ditaburi brownies yang sudah dihancurkan dan ditambah nutella di atasnya.

5. Matcha
Ini 5 Topping Donat Kekinian yang Legit dan PopulerFoto: Istimewa

Matcha banyak dijadikan pilihan rasa pada minuman kekinian. Tak mau kalah, donat juga menggunakan matcha untuk toppingnya. Bahkan banyak gerai donat yang menyediakan donat jenis ini.

Biasanya matcha lebih dulu diolah jadi cairan yang kental baru kemudian dicampur dengan cokelat putih leleh dan dioleskan di atas donat. Tak sedikit gerai donat juga menambahkan beberapa potongan snack rasa matcha untuk menguatkan rasa matcha.

Baca Juga : Unik! Ini 4 Ciri Khas Donat Kampung di Indonesia

Simak Video "Kue Khas Eropa dan 'Japonaise Ice Cream' Vineth Bakery yang Legendaris"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)