Donat Kampung hingga Artisan

Unik! Ini 4 Ciri Khas Donat Kampung di Indonesia

Riska Fitria - detikFood Rabu, 17 Jul 2019 19:45 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Meski berasal dari Belanda, donat juga populer di Indonesia. Diadaptasi dengan bahan-bahan lokal rasa dan teksturnya jadi unik.

Donat bukan makanan asli Indonesia tetapi sangat populer dan digemari. Selain donat yang dijual di bakery dan toko khusus donat, donat khas Indonesia punya sebutan 'donat kampung'.

Disebut donat kampung lantaran donat ini dibuat oleh industri kecil atau rumah tangga dengan unsur lokal, baik dari bahan, proses pembuatan hingga lokasi penjualan. Ada yang memakai bahan-bahan asli, tepung terigu, gula, margarin dan telur. Diberi topping keju parut dan meisjes. Karena dibuat dengan tangan atau manual maka disebut donat kuno atau donat kampung.

Selain itu resep donat juga mengalami adaptasi dengan penambahan aneka umbian seperti ubi merah, ubi ungu, singkong hingga kentang. Berikut ini ciri-ciri donat kampung yang populer karena murah dan enak.

Baca Juga : Sore Ini Enaknya Ngemil Donat Kampung yang Legit Empuk

1. Adonan
Unik! Ini 4 Ciri Khas Donat Kampung di IndonesiaFoto: iStock

Donat kampung yang dibuat di Indonesia memiliki adonan yang sedikit berbeda dari donat yang lain. Bukan hanya tepung, melainkan ada beberapa campuran lain yang membuat rasanya semakin renyah.seperti kentang, singkong, talas ataupun ubi.

Umbi-umbian dikukus, kemudian ditumbuk sampai halus. Baru selanjutnya dicampur ke adonan tepung hingga merata. Di Indonesia sendiri donat kentang sangat populer. Biasanya banyak dijual di warung-warung dekat rumah.

2. Tekstur
Unik! Ini 4 Ciri Khas Donat Kampung di IndonesiaFoto: iStock

Campuran kentang, singkong, ubi ataupun talas ternyata bukan hanya berpengaruh terhadap rasa, tetapi juga pada tekstur donat. Donat kampung dikenal dengan rasanya yang manis legit. Campuran berbahan dasar umbi-umbian tersebut juga membuat tekstur donat agak padat, lebih lembut dan empuk. Sehingga cukup mengenyangkan saat dimakan. Enak dinikmati sebagai menu sarapan.

3. Topping
Unik! Ini 4 Ciri Khas Donat Kampung di IndonesiaFoto: iStock

Donat kampung memiliki berbagai topping. Toppingnya pun sangat sederhana. Meskipun begitu, tidak mengurangi rasa pada donat tersebut. Justru menjadi ciri khas yang membedakan dengan donat yang lain. Topping yang paling populer pada sajian donat kampung biasanya berupa gula halus atau gula donat. Selain itu juga ada topping berupa meisjes warna-warni dan keju cheddar parut.

4. Lokasi Penjualan
Unik! Ini 4 Ciri Khas Donat Kampung di IndonesiaFoto: iStock

Donat kampung mudah ditemui di warung-warung dekat rumah ataupun tukang kue yang keliling. Biasanya tukang kue yang keliling, berkeliling sekitar rumah dengan membawa nampan yang berisikan donat kampung.

Tukang kue keliling tersebut ada saat pagi ataupun sore hari. Uniknya untuk memanggil para pelanggan, biasanya tukang kue tersebut membunyikan terompet kecil ataupun dengan berteriak.

Baca Juga : Asli Belanda, Donat Klasik hingga Donat Kentang Justru Populer di Amerika Serikat (raf/odi)