Harganya Rp 8,7 Juta Per Poci, Inikah Teh Termahal di London?

Devi Setya - detikFood Selasa, 16 Jul 2019 15:30 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Teh menjadi salah satu minuman tradisi di Inggris. Harga teh di Inggris juga bervarian, yang paling mahal dibanderol Rp 8,7 juta per poci. Wow!

Mencari tempat ngeteh sore di London memang bukan hal sulit, ada banyak tempat yang menyediakan teh nikmat yang bisa disantap dengan aneka kudapan. Kafe mungil hingga restoran di hotel mewah dipastikan punya menu teh yang dikenal sebagai "Afternoon Tea'.

Siapkan cukup banyak uang jika ingin menikmati teh berkualitas. Dikabarkan Metro (16/7) sebuah hotel mewah menawarkan menu teh super mahal bernama Teh Golden Tips.

Hotel bintang lima The Rubens at The Palace menyediakan menu teh langka ini dengan harga yang tak tanggung-tanggung. Satu poci teh ini dibanderol dengan harga £ 500 (Rp 8,7 juta) atau dengan kata lain harga secangkir teh ini £ 166,66 (Rp 289 ribu).
 Harganya Rp 8,7 Juta Per Poci, Inikah Teh Termahal di London?Foto: istimewa

Baca juga : Ini 5 Tahapan Menyeduh Teh Inggris yang Enak

Hotel yang berlokasi di Westminster ini bekerja sama dengan pemasok teh yang mendapatkan teh ini dari dataran tinggi Srilanka. Teh premium ini dipetik langsung dengan tangan lalu dikeringkan di atas kain beludru yang lembut.

Daun teh muda yang masih kuncup ini memiliki warna alami perak keemasan. Bukan hanya tammpilannya yang mewah, teh ini juga harus diseduh dengan cara yang tak biasa.

Untuk menyeduhnya, daun teh harus ditimbang dengan teliti menggunakan timbangan emas. Lalu pucuk-pucuk daun teh ini diseduh dengan air mineral yang suhunya sudah disesuaikan.
 Harganya Rp 8,7 Juta Per Poci, Inikah Teh Termahal di London?Foto: istimewa

Seduhan ini menghasilkan teh yang punya karakter rasa lembut, ringan dan beraroma buah-buahan. Teh juga disajikan hangat dengan berbagai kudapan seperti sandwich, scone dan kue-kue kering ala Inggris.

Jangan sedih jika secangkir teh sudah habis, daun teh ini bisa diseduh hingga tiga kali namun dengan karakter rasa yang berbeda-beda.

Jenis teh ini ternyata memiliki sejarah yang panjang, termasuk soal harganya yang sudah terkenal mahal sejak zaman Victoria. Pada tahun 1801, satu pon (453 gram) teh ini dijual dengan harga setara £ 1.260 (Rp 22 juta).

Dananjaya Silva selaku Managing Director & Tea Master di PM David Silva & Sons, mengatakan kepada Daily Mail "Daun teh Rubens Golden Tips yang nikmat dapat diseduh sebanyak tiga kali, dengan profil rasa berubah setiap seduhan sehingga Anda dapat menikmati lebih dalam."

Lebih lanjut Silva menjelaskan pada seduhan pertama akan terasa aroma bunga yang lembut serta paduan rasa melon, pir dan madu yang manis. Namun pada seduhan terakhir, teh akan menghasilkan rasa yang jauh lebih lembut namun masih terasa efek rasa manisnya.
 Harganya Rp 8,7 Juta Per Poci, Inikah Teh Termahal di London?Foto: istimewa

Baca juga : Kebiasaan Minum Teh Putri Bangsawan Inggris yang Kini Mendunia

Tradisi minum teh di Inggris dikenal dengan sebutan English Afternoon Tea atau high tea. Di sini orang akan menggelar pesta kecil untuk menikmati secangkir teh serta kudapan manis dan gurih.

Sejak abad ke-18, Inggris tercatat sebagai negara dengan konsumsi teh terbesar di dunia. Minum teh dengan elegan menjadi salah satu cara masyarakat Inggris untuk bersosialisasi.

Bukan hanya jadi obat herbal, teh di Inggris juga menjadi salah satu penentu strata sosial. Hingga kini tradisi minum teh seolah sudah jadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat Inggris.

Simak Video "Menilik Teh Cascara dari Biji Kopi Arabika"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)