Ini 5 Tahapan Menyeduh Teh Inggris yang Enak

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 14 Jan 2016 11:27 WIB
Foto: detikFood
Jakarta - Minum teh merupakan budaya orang Inggris. Karenanya untuk menyeduh teh hitam yang enak British Standart's Institute ​memberikan pedomannya.

​Budaya minum teh di Inggris dikenal sebagai Afternoon Tea. Umumnya yang diseduh adalah jenis teh hitam atau black tea. Seperti English Breakfast tea atau teh Assam dan Ceylon. ​Seperti dilansir Huffingtonpost (12/01), inilah lima langkah penyeduhan teh yang benar menurut British Standart's Institute.

Foto: detikFood

1. Ukuran poci​
Untuk menyeduh​ dianjurkan ​menggunakan teko porselen putih atau po​ci teh tanah liat​. Ukuran lebar teko yang sempurna adalah antara 74 mm dan 78 mm. Hindari menyeduh teh langsung di dalam cangkir ​atau mug ​karena cara ini tidak termasuk dalam standar​ penyeduhan​.

2. Rasio teh dan air
Pastikan rasio teh dan air adalah 2 gram daun ​teh untuk setiap 100 ml air. Ini bisa menjadi patokan yang pas agar aroma dan rasa teh enak.

Foto: Thinkstock

3. Suhu ​air​
Air yang digunakan harus dipanaskan terlebih dahulu. Dengan suhu tidak lebih dari 85 derajat celcius. Akan tetapi suhu air juga harus di a​tas​ 60 derajat celcius ​saat teh disajikan​.

4. Rendam
Teh hitam harus ​dibiarkan terendam air panas ​ selama enam menit​ sebelum dituangkan​. Tidak lebih dan tidak kurang. Itulah waktu yang ​pas​ untuk mengekstrak rasa daun teh.

Foto: Thinkstock

5. Tambahkan susu
Selain kopi, banyak orang yang juga sering menambahkan susu ke dalam tehnya. Jika biasanya susu ditambahkan setelah menyeduh teh, berbeda dengan aturan dari British Standard's Institute​. ​​Tuangkan​ susu ke cangkir terlebih dahulu sebelum menuangkan teh ​panas ​ke dalamnya.

(lus/odi)