Si Kecil Mulai Sekolah? Yuk, Bawakan Bekal Minuman Sehat

Milla Kurniaputri - detikFood Selasa, 16 Jul 2019 05:19 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Mengawali minggu pertama masuk sekolah, Anda bisa bawakan menu sehat untuk si kecil. Seperti 4 minuman bernutrisi ini yang sehat ini.

Hari pertama masuk sekolah sudah dimulai. Anak-anak mulai kembali beraktivitas di sekolah setelah melewati liburan. Untuk menghindari anak jajan sembarangan di sekolah, Anda tentu sibuk menyiapkan bekal untuk si kecil.

Bukan hanya bekal makanan yang perlu dipersiapkan, namun minuman si kecil juga perlu diperhatikan. Karena minuman sehat juga akan mendukung tumbuh kembang anak sekaligus memasok energinya untuk melewati aktivitas di sekolah.

Times of India (14/7) merangkum informasi penting soal minuman sehat. Begitu juga dengan minuman tidak sehat yang perlu dihindari. Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Tak Sulit, 5 Camilan Sehat untuk Si Kecil Ini Mudah Dibuat Sendiri

1. Minuman berkafein
Si Kecil Mulai Sekolah? Yuk, Bawakan Bekal Minuman Sehat Foto: iStock

Anda harus membatasi anak-anak mengonsumsi minuman tinggi kafein seperti kopi, minuman energi, dan lain-lain. Kafein bersifat adiktif yang dapat menyebabkan insomnia, kecemasan, sakit kepala, detak jantung lebih cepat, dan tekanan darah tinggi. Kondisi ini dapat mengganggu kesehatan metabolisme anak dan ke depannya menimbulkan masalah kesehatan.

2. Minuman soda

Minuman soda biasanya diisi dengan pewarna buatan dan karbon dioksida supaya menciptakan banyak gula. Minuman bersoda ini disukai oleh banyak anak-anak, maka Anda perlu mencegahnya karena minuman ini bisa menyebabkan obesitas, penyakit kardiovaskular, gigi berlubang serta dapat menyebabkan kanker. Minuman seperti ini dapat melepaskan kalsium dari tulang yang bisa memicu osteoporosis di usia dini.

3. Minuman manis
Si Kecil Mulai Sekolah? Yuk, Bawakan Bekal Minuman Sehat Foto: iStock

Minuman manis seperti jus kemasan, es teh, dan minuman kemasan lainnya harus dihindari. Jenis minuman ini ditambahkan banyak gula supaya rasanya tetap segar untuk waktu yang lama. Adanya gula bisa menyebabkan obesitas pada si kecil.

4. Minuman berenergi

Anak-anak harus menghindari minuman berenergi atau minuman olahraga lainnya. Jika Anda tidak melakukan aktivitas olahraga yang berat, maka ketika Anda minum minuman energi seperti itu dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Karena minuman ini dirancang untuk memberikan energi instan dan meningkatkan metabolisme orang-orang yang melakukan kegiatan olahraga yang ketat.

Lalu minuman sehat seperti apa yang baik untuk bekal sekolah si kecil?

1. Susu
Si Kecil Mulai Sekolah? Yuk, Bawakan Bekal Minuman Sehat Foto: iStock

Susu adalah sumber utama nutrisi seperti kalsium, kalium, fosfor, vitamin dan mineral penting lainnya. Jika si kecil minum segelas susu setiap hari, maka ia bisa terhindar dari beberapa penyakit umum. Susu memiliki kekuatan seperti energi instan yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

2. Smoothie atau Milkhake

Jika anak Anda tidak menyukai susu, maka Anda dapat menggantikannya dengan smoothie atau milkshake. Anda dapat membuat shake berbahan buah kemudian tambahkan sedikit gula dan lebih banyak susu. Bisa juga membuat smoothie buah yang menggunakan kacang dan madu sehat. Smoothie memiliki tekstur yang sangat kental, enak dan mengenyangkan sehingga anak-anak sangat menyukainya.

3. Air kelapa
Si Kecil Mulai Sekolah? Yuk, Bawakan Bekal Minuman Sehat Foto: iStock

Air kelapa bagus dikonsumsi terutama ketika musim panas. Air kelapa tidak hanya menjaga keseimbangan elektrolit yang sempurna tetapi juga membuat anak-anak terhidrasi sepanjang hari. Air kelapa segar juga dikenal dapat menyembuhkan gangguan pencernaan.

4. Jus buah dan sayuran segar

Cara terbaik untuk mengisi nutrisi si kecil adalah dengan mengonsumsi jus buah dan sayuran segar. Jus ini adalah salah satu cara termudah dan efektif untuk memberi anak-anak dosis nutrisi harian. Jus buah dan sayuran segar tanpa tambahan gula atau pemanis lainnya adalah salah satu cara sehat untuk membuat anak-anak menjadi lebih berenergi.

Baca Juga: Agar Tak Bosan, Sajikan Makanan Anak dengan 5 Trik Ini

Simak Video "3 Camilan Sehat Buat yang Lagi Diet"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)