Makanan Sehat Anak

Agar Tak Bosan, Sajikan Makanan Anak dengan 5 Trik Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 23 Jan 2019 19:10 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Makanan Sehat Anak
Jakarta - Bosan dengan rasa makanan bisa bikin si kecil menolak makan. Dengan 5 trik ini masalah tersebut bisa teratasi.

Tak hanya menarik, makanan anak juga harus mengandung zat gizi yang seimbang. Bukan sekedar karbohidrat akan tetapi protein serta sayur dan buah perlu tercukupi dalam satu kali makan.

Agar tak bosan dengan makanan yang ibu masak. Yuk, coba terapkan 5 trik ini saat sajikan menu makanan untuk anak-anak di rumah.

Baca juga: Si Kecil Tak Mau Makan? Bisa Jadi Karena 8 Hal Ini yang Jadi Penyebabnya

1. Manfaatkan kesukaan anak

Agar Tak Bosan, Sajikan Makanan Anak dengan 5 Trik IniFoto: iStock

Ibu pasti tahu makanan apa saja yang menjadi kesukaan si kecil. Kalau anak suka dengan ayam, Anda bisa mengolah ayam menjadi beragam kreasi makanan enak. Tidak selalu harus digoreng, tapi juga bisa dikombinasikan menjadi nugget, sup atau bahkan topping pasta.

Kalau si kecil tidak suka dengan sayur, Anda bisa menggantinya dengan aneka buah-buahan enak. Penyajiannya pun jangan hanya dipotong. Sesekali bisa dibuat menjadi smoothies, salad ataupun disajikan dengan tusuk sate sehingga mirip dengan kebab.

Intinya, kreasikan menu dengan bahan dasar makanan kesukaan si kecil. Dijamin ia akan lahap menikmati makanannya setiap hari.

2. Gunakan perlengkapan makan yang unik

Agar Tak Bosan, Sajikan Makanan Anak dengan 5 Trik IniFoto: iStock

Peralatan makan yang unik bisa membangkitkan semangat makan si kecil. Ajak ia memilih sendiri wadah untuk makan kemudian susun makanan dalam wadah dengan rapih.

Dalam pemilihan tempat makan, sebaiknya sesuaikan gambar karakter kartun kesukaannya dan pastikan tempat makan tersebut menyediakan beberapa sekat di dalamnya untuk sajikan nasi, lauk dan sup.

Dan lebih cermat dalam memilih bahan baku dari tempat makan tersebut. Pastikan kotak makan bebas BPA. Tempat makan dengan simbol HDPE, LEDPE dan PP masih aman digunakan.

3. Ubah bentuk makanan

Agar Tak Bosan, Sajikan Makanan Anak dengan 5 Trik IniFoto: iStock

Kalau Anda pintar berkreasi tentu si kecil tak akan bosan menikmati makannya. Untuk membentuk makanan menjadi karakter yang unik tidaklah sulit. Kini Anda bisa membeli cetakan nasi atau telur di supermarket.

Selain bentuk makanan, Anda juga bisa memasak nasi dengan campuran beberapa warna alami. Seperti kunyit yang bisa membuat warna nasi menjadi kuning, bayam menjadi hijau dan bunga telang untuk memberi warna biru pada makanan.

4. Manfaatkan menu pengganti

Agar Tak Bosan, Sajikan Makanan Anak dengan 5 Trik IniFoto: iStock

Ini yang perlu diketahui banyak ibu di rumah. Anak-anak yang tak suka makan nasi tidak salah. Karena ada banyak jenis karbohidrat yang bisa didapatkan dari bahan makanan lain.

Kentang, mie hingga umbi-umbian bisa jadi salah satu bahan pengganti nasi. Selain itu, vitamin dan mineral tidak hanya bisa didapatkan dari sayur saja akan tetapi ini bisa diganti dengan buah yang kandungan gizinya mirip.

Selain terkandung dalam susu, kalsium juga bisa didapatkan dari telur dan ikan. Ikan teri jadi salah satu jenis ikan yang tinggi kandungan kalsium.

5. Perhatikan komposisi

Agar Tak Bosan, Sajikan Makanan Anak dengan 5 Trik IniFoto: iStock

Memperhatikan komposisi wajib dilakukan agar anak tidak alami defisiensi zat gizi. Terutama saat membawakan bekal anak ke sekolah.

Pastikan Anda juga membawakannya camilan agar ketika lapar sebelum memasuki waktu makan siang bisa mengisi perut dengan camilan sehat. Camilan ini bisa berbentuk biskuit, buah potong atau pun susu.

Karbohidrat, protein, lemak serta serat pastikan selalu ada dalam makanan si kecil. Membuatnya sendiri di rumah juga lebih terjamin kebersihannya daripada membeli jajanan di sekolah.

Baca juga: 12 Kreasi Makanan yang Lucu Ini Bakal Bikin si Kecil Melahap Sarapan dan Bekalnya

(adr/lus)
FOKUS BERITA Makanan Sehat Anak