Chef Ini Ingin Nama Restonya Dikeluarkan dari Michelin Guide

Milla Kurniaputri - detikFood Senin, 15 Jul 2019 09:32 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Mendapat bintang dari Michelin Guide tentu menjadi idaman para chef, tetapi La Maison des Bois justru ingin nama restonya dicoret dari Michelin Guide. Apa alasannya?

Dilansir dari MSN (12/7), seorang chef dari restoran berpredikat Michelin Star, Marc Veyrat meminta agar restorannya yang bernama La Maison des Bois tak terhubung lagi dengan Michelin Guide. Sebuah penghargaan kuliner bergengsi kelas dunia.

Chef Ini Ingin Nama Restonya Dikeluarkan dari Michelin GuideFoto: Istock

Kali ini, bukan tekanan atau kurangnya dana yang menyebabkan restorannya tidak mendapatkan penghargaan Michelin. Namun Marc Veyrat, chef dari restoran di Manigod, Prancis ini memiliki keraguan pada Michelin yang menilai restorannya dengan tidak benar. Ia pun ingin mengembalikan dua bintang Michelin dari restorannya, namun Michelin menolaknya.

Dalam panduan Michelin 2019 di Prancis, bintang restoran La Maison des Bois memang telah diturunkan, dari tiga menjadi dua. Kemudian Veyrat menentang keputusan tersebut, ia menyatakan bahwa penilaian dari Michelin dengan mengunjungi restoran itu beberapa kali tidak akurat. Ia pun ingin tak ada lagi nama La Maison des Bois dalam Michelin Guide.

Chef Ini Ingin Nama Restonya Dikeluarkan dari Michelin GuideFoto: Istimewa

Kemudian Michelin menanggapi Veyrat dan membantah tuduhan bahwa inspektur Michelin tidak pernah makan di La Maison des Bois. Veyrat mengklaim tidak pernah tahu kapan inspektur mengunjungi restoran, namun pihak Michelin mengatakan hal ini sengaja dilakukan karena mereka tidak menampilkan identitas inspektur Michelin alias anonymous.

Menurut Veyrat, Michelin menurunkan bintangnya karena mereka mengklaim bahwa La Maison des Bois menggunakan keju cheddar di restorannya tersebut.

Baca Juga: Ini Dia 7 Restoran Berbintang Michelin yang Punya Menu Termurah

Veyrat menentang yang dikatakan inspektur mengenai restorannya yang tidak tahu caranya memasak dan tidak bisa memasak hidangan dengan benar. Veyrat juga mengatakan bahwa inspektur dari Michelin, tentu saja bukan chef, dan kemampuan memasak bukanlah syarat untuk mengkritik restoran.

Chef Ini Ingin Nama Restonya Dikeluarkan dari Michelin GuideFoto: Istock

Direktur Internasional dari Michelin, Gwendal Poullennec, juga mengonfirmasi bahwa selama restoran itu ada, ia akan tetap memenuhi syarat dari Michelin. "Kami sangat menyesal mendengar rasa sakit yang ia alami, tetapi kami akan terus merekomendasikan restorannya," katanya di Le Monde.

Sama seperti kasusnya di tahun 2018, Michelin mengizinkan chef Prancis Sébastien Bras untuk mengembalikan peringkat bintang tiga di restorannya, Le Suquet à Laguiole.

Terlepas dari beberapa kasus yang dialami Michelin, mereka juga mengatakan kepada semua chef ke depannya yang ingin menolak bintang Michelin, dengan mudah bisa dilakukan. Caranya hanya perlu sajikan makanan yang kurang menarik bagi inspektur Michelin atau tutup restoran selamanya.

Baca Juga: Menikmati Dim Sum Berkelas Michelin Star di Ketinggian Jakarta (dwa/odi)