Baru Belajar Memasak? 10 Tips Ini Bisa Menambah Ketrampilan Anda

Milla Kurniaputri - detikFood Minggu, 14 Jul 2019 08:00 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Memasak memang kegiatan yang menyenangkan. Akan tetapi bagi para pemula tentu banyak hal yang perlu dikuasai. Ini dia tipsnya!

Memasak bisa makin mahir jika sering berlatih. Bagi pemula, jangan takur mencoba dan gagal. Sebelum berpraktek memasak, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan dan perhatikan. Agar memasak lancar dengan hasil maksimal.

Dilansir dari Live Strong (28/6), beberapa hal ini perlu diperhatikan supaya memudahkan Anda dalam memasak.

Baca Juga: 15 Tips Masak Praktis yang Bisa Hemat Waktu Kamu di Dapur

1. Beli pisau berkualitas tinggi
Baru Belajar Memasak? 10 Tips Ini Bisa Menambah Ketrampilan AndaFoto: Istimewa

"Pisau berkualitas tinggi sangat penting untuk koki rumahan," kata Beth McCarthy, koki dan pelatih kesehatan gizi dari Colorado.

Dengan memiliki pisau yang bagus mata pisaunya, Anda bisa memotong dan menyiapkan bahan dengan baik. Anda akan menghemat tenaga dan waktu dalam menyiapkan makanan. Karena akan memudahkan Anda untuk konsisten dalam memotong secara merata, yang akan meningkatkan hidangan jadi lebih banyak.

2. Peralatan masak berkualitas

Bagi pemula, Anda meski memiliki satu set alat dapur yang berkualitas, karena akan membantu proses memasak. Karena jika memiliki satu set alat dapur yang murah. Bahannya sangat tipis dan tidak dibuat dengan baik, sehingga masakan tidak akan panas secara merata dan bisa membuat makanan cepat gosong.

3. Gunakan metode poaching

McCarthy mengatakan bahwa metode memasak poaching adalah salah satu cara favoritnya dalam menyiapkan hidangan sehat dan lezat.

Poaching biasanya dilakukan untuk memasak telur, ikan atau sayuran dalam air dengan suhu antara 92 hingga 96 derajat Celcius. Karena poaching tidak memakai minyak maka cara memasak ini dapat menghemat banyak kalori dan lemak. Metode sehat lainnya dalam memasak bisa dengan cara memanggang, merebus dan menggoreng.

4. Pilih bahan berkualitas
Baru Belajar Memasak? 10 Tips Ini Bisa Menambah Ketrampilan AndaFoto: istimewa

Carilah sayuran dan buah-buahan yang sedang musim sehingga akan lebih berkualitas. Makanan Anda akan lebih lezat jika menggunakan bahan-bahan terbaik.

Menurut Melaina Bjorkland, RD, ahli diet di Penrose St. Francis Health Services di Colorado Springs, cara sederhana untuk mengolah sayuran untuk sarapan ialah dengan mencampurkannya dengan telur dadar.

5. Baca resep

Sebagai pemula sebelum mulai memasak, sebaiknya baca resep dari awal hingga selesai terlebih dahulu. Resep memberikan informasi penting untuk Anda yang akan membantu proses memasak. Seperti suhu yang pas untuk memanaskan oven ataupun cara menyiapkan bahan.

6. Meminta tips

Jika Anda senang memasak, lebih baik ketika selesai memasak Anda perlu menanyakan kepada teman atau siapapun, apa yang kurang dari masakan Anda. Biarkan mereka mengomentari sehingga Anda mengetahui kekurangan dari masakan.

Atau Anda bisa melihat langsung ke dapur teman yang handal dalam memasak supaya Anda bisa belajar dan lebih mengetahui tips yang baik dalam memasak.

7. Mencari tahu di internet

Tidak ada salahnya jika Anda menelusuri YouTube untuk melihat beberapa video chef yang dapat membantu Anda dalam memasak. Jangan lupa untuk membaca diskripsinya, supaya memiliki pemahaman sehingga Anda bisa langsung mencobanya sendiri.

8. Bereksperimen dengan bumbu
Baru Belajar Memasak? 10 Tips Ini Bisa Menambah Ketrampilan AndaFoto: istimewa

Bumbu dapur kering biasanya dapat disimpan lebih lama, sehingga pas untuk digunakan sehari-hari. Bubuk mustard, bubuk cabai, dan rosemary akan menambahkan citarasa yang lezat untuk hidangan hambar.

"Cara yang bagus untuk menggabungkan lemak sehat adalah dengan makan makanan serbaguna seperti alpukat, kacang, biji-bijian dan ikan berminyak," kata Bjorklund. Dengan menambahkan bahan ini ke dalam makanan, maka akan mendapatkan nutrisi termasuk serat dan protein.

9. Pakai protein alami
Jangan gunakan protein instan seperti hot dog dan sosis yang dikemas dengan pengawet, tetapi gunakan protein alami tanpa lemak. Daging sapi tanpa lemak, seperti flank steak atau tenderloin, dan makanan laut adalah pilihan sehat dan tepat.

Anda bisa memasaknya dengan cara dipanggang dalam oven, memasukkan dalam tumisan atau panggang di atas loyang dengan sayuran dan beberapa bumbu.

10. Persediaan bahan
Baru Belajar Memasak? 10 Tips Ini Bisa Menambah Ketrampilan AndaFoto: istimewa

Pantry yang lengkap dapat membantu Anda dalam proses memasak supaya lebih cepat. Biasanya, bahan dapur yang harus tersedia adalah beberapa bumbu dapur, kaldu ayam, dan beberapa bahan kering.

Maka ketika Anda sedang memasak, pastikan bisa mengambil bumbu dapur lebih cepat sehingga akan membuat Anda selesai dalam waktu yang diinginkan.

Baca Juga: Agar Tak Kelamaan di Dapur Saat Masak, Lakukan 10 Trik Praktis Ini (dvs/odi)