Agar Tak Kelamaan di Dapur Saat Masak, Lakukan 10 Trik Praktis Ini

Milla Kurniaputri - detikFood Senin, 25 Mar 2019 14:40 WIB
Foto: Memasak bersama Foto: Memasak bersama
Jakarta - Tak sering memasak membuat banyak orang tak percaya diri. Padahal, dengan cara ini semua masakan bisa dibuat lezat dan enak.

Selain membaca resep, beberapa trik yang biasa dilakukan chef juga bisa dipraktekkan. Bukan sekedar mencampurkan bumbu, tetapi mencicip hingga menggunakan alat masak yang tepat juga bisa jadi indikator suksesnya masakan.

Memasak terkadang membutuhkan waktu yang lama. Apalagi proses persiapan bahan hingga pengolahan bisa membuang banyak waktu, terutama bagi Anda yang sibuk. Agar saat memasak tidak membuang banyak waktu, berikut tips mudah yang dilansir dalam She Knows (21/03/2019).

Baca Juga: Ingin Membuat Masakan Enak? Ini 5 Hal Penting yang Harus Anda Lakukan

1. Bumbui dan cicipi makanan saat Anda memasak

Agar Tak Kelamaan di Dapur Saat Masak, Lakukan 10 Trik Praktis Ini Foto: iStock

Saat memasak, garam adalah bumbu yang paling penting. Menambahkan sedikit garam ke resep akan membuat masakan menjadi lebih enak. Selain itu ketika sedang membuat makanan manis, tambahkan sejumput garam ke adonan untuk menyeimbangkan rasa manisnya.

Dalam resep gurih, tambahkan sejumput garam setiap kali Anda menambahkan bahan baru. Misalnya, tambahkan garam ke sayuran saat ditumis, lalu tambahkan sedikit garam saat Anda menambahkan daging, lalu sejumput lagi saat Anda menambahkan saus sehingga resep Anda akan menghasilkan makanan yang enak.

2. Jangan menggunakan wajan kecil

Agar Tak Kelamaan di Dapur Saat Masak, Lakukan 10 Trik Praktis Ini Foto: iStock

Jika Anda menumis, menggoreng atau memanggang, penting untuk tidak menggunakan panci yang kecil. Apabila Anda ingin membuat makanan dengan tekstur meleleh di dalam dan sedikit kecokelatan di luar, maka jangan menggunakan wajan yang terlalu kecil karena akan membuat semua bagian kecoklatan. Wajan yang sempit juga akan banyak menghasilkan uap sehingga menyebabkan masakan cepat gosong.

3. Tajamkan pisau

Agar Tak Kelamaan di Dapur Saat Masak, Lakukan 10 Trik Praktis Ini Foto: iStock

Tentu saat ingin memotong, Anda lebih memilih pisau yang tajam dibandingkan dengan pisau tumpul. Karena pisau tajam lebih mudah dalam memotong sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga. Anda dapat mengasah pisau sendiri dengan batu asahan. Ini juga mempercepat proses memasak.

4. Selalu tambahkan bawang putih di akhir saat memasak

Agar Tak Kelamaan di Dapur Saat Masak, Lakukan 10 Trik Praktis Ini Foto: Istock

Bawang putih cepat matang dalam waktu 20 detik (bisa kurang karena tergantung pada seberapa panas wajan). Jika bawang putih terlalu lama dimasak, maka rasanya akan pahit dan aromanya hilang. Jika Anda ingin menambahkan bawang putih, pastikan untuk menambahkannya terakhir agar tidak hangus.

5. Tambahkan rempah kering di awal dan tambahkan rempah segar di akhir

Agar Tak Kelamaan di Dapur Saat Masak, Lakukan 10 Trik Praktis Ini Foto: dok. detikFood

Dibutuhkan beberapa saat supaya rasa rempah kering begitu kuat. Maka apabila ingin menggunakan rempah kering, masukkan di awal memasak. Berbeda dengan rempah segar, tetapi jangan menambahkan rempah segar saat masih dimasak karena dapat menyebabkannya masakan terasa pahit, jadi sebaiknya tambahkan rempah segar setelah proses memasak hampir selesai.

6. Siapkan semua bahan masakan sebelum memasak

Agar Tak Kelamaan di Dapur Saat Masak, Lakukan 10 Trik Praktis Ini Foto: iStock

Setelah Anda tahu apa yang ingin dimasak, langkah selanjutnya adalah menyiapkan dan memotong semua bahan. Lalu masukkan semua bumbu sesuai resep ke dalam mangkuk kecil. Dengan mempersiapkan hal ini tentu memasak lebih cepat, tanpa harus berhenti atau bingung di tengah jalan.

7. Gunakan minyak yang cukup

Agar Tak Kelamaan di Dapur Saat Masak, Lakukan 10 Trik Praktis Ini Foto: iStock

Anda pasti mengetahui bahwa memberikan minyak yang pas dalam wajan tumis akan membuat makanan tidak lengket dan terbakar. Seperti halnya apabila melapisi makanan dengan minyak sebelum memanggangnya. Minyak juga akan memberi rasa gurih. Saat memasak dengan api besar seperti menumis dan memanggang, pilihlah minyak sayur dan kedelai. Jika Anda memasak pada suhu yang rendah atau untuk membuat salad serta saus, coba mentega atau minyak zaitun.

8. Letakkan peralatan dapur Anda serapih mungkin

Agar Tak Kelamaan di Dapur Saat Masak, Lakukan 10 Trik Praktis Ini Foto: Istimewa

Mungkin bagi Anda dengan meletakkan blender, mixer, toaster, dan teko di atas meja terlihat normal. Tetapi sebenarnya dengan adanya peralatan itu akan membuat Anda lebih sulit memasak dengan efektif. Karena ketika Anda bekerja di tempat yang sempit, kualitas memasak mungkin akan menurun. Maka lebih baik cari ruang lemari atau rak untuk menyimpan barang-barang tersebut saat tidak digunakan.

9. Mengatur suhu api

Agar Tak Kelamaan di Dapur Saat Masak, Lakukan 10 Trik Praktis Ini Foto: iStock

Tentu saja, dengan memanaskan wajan atau memasukkan makanan ke dalam oven bisa membuat makanan lebih cepat matang. Tetapi justru akan menyebabkan bagian luar gosong dan bagian dalam masih mentah. Tipsnya adalah apabila ingin memasak daging, mulailah dengan wajan panas lalu kecilkan api setelah daging telah dimasak.

Jika Anda menumis sayuran, mulailah dengan api sedang karena sayuran cepat layu. Pastikan untuk berhati-hati dalam mengatur api, jangan sampai menimbulkan asapkarena akan membuat masakan gosong.

10. Gunakan asam seperti cuka dan lemon

Agar Tak Kelamaan di Dapur Saat Masak, Lakukan 10 Trik Praktis Ini Foto: iStock

Jika Anda merasa masakan Anda ada rasa yang kurang pas, tetapi semua bahan sudah dimasukkan - coba tambahkan air jeruk lemon atau jeruk nipis, atau setetes cuka masak. Asam dapat menghidupkan rasa, tanpa membuatnya terasa asam. Dengan ini justru masakan akan terasa lebih gurih.


Baca Juga: 15 Tips Memasak Kuno ala Nenek Ini Berlaku Sepanjang Masa (lus/lus)