Ragam Olahan Nasi

Nasgor Enak dari Thailand, Nasi Goreng Nanas, Tom Yum dan Ayam Basil

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 12 Jul 2019 14:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Ragam Olahan Nasi
Jakarta - Thailand punya olahan nasi khas berupa nasi goreng. Paduannya beragam seperti nanas, tom yum, hingga ayam dan daun basil.

Nasi goreng merupakan olahan nasi ikonik di Thailand. Biasanya nasi goreng Thailand atau khao pad dibuat dengan beras Jasmine yang beraroma harum dan berbulir panjang. Berbeda dengan nasi goreng gaya China yang memakai beras biasa.

Untuk bumbunya, khao pad memakai nam pla atau saus ikan sebagai penyedap. Ada juga penambahan soy sauce hingga taburan daun ketumbar yang aromatik khas hidangan Thailand.

Nasgor Enak dari Thailand, Nasi Goreng Nanas, Tom Yum dan Ayam BasilFoto: iStock

Khao pad bisa dibuat bervariasi tergantung isiannya. Salah satu versi tradisional dan populer adalah khao pad sapparot atau nasi goreng nanas. Nasi goreng ini tergolong makanan vegetarian karena topping utamanya potongan nanas segar

Baca Juga: Yuk, Bikin Khao Pad, Nasi Goreng Thai yang Pedas Gurih

Khao pad sapparot bisa dikreasikan lagi dengan beragam bahan. Nama hidangannya 'khao op sapparot 'dengan tambahan kacang mete, kacang polong, dan kismis. Ada juga bahan lain seperti udang, ayam, dan telur.

Terakhir, nasi goreng nanas disajikan dalam buah nanas yang sudah dikeruk isiannya. Tampilan yang istimewa dengan rasa asam, segar, dan unik membuat nasi goreng nanas jadi menu incaran para turis.

Nasgor Enak dari Thailand, Nasi Goreng Nanas, Tom Yum dan Ayam BasilFoto: iStock

Variasi khao pad klasik lainnya adalah nasi goreng ayam. Biasanya nasi goreng ini menjadi menu makan siang populer untuk orang dewasa dan anak-anak. Tingkat kepedasannya bisa disesuaikan berdasarkan jumlah cabai yang dipakai.

Untuk membuatnya, The Spruce Eats (12/7) mengungkap kaldu ayam, saus ikan, dan kecap jadi bumbu utamanya. Untuk isian bisa ditambahkan daun bawang, jamur, dan kacang polong.

Kalau mau yang aromatik harus coba nasi goreng ayam dengan daun basil. Nasi goreng Thailand yang satu ini lebih aromatik dengan tambahan basil segar dan daun jeruk.

Ada juga nasi goreng tom yum yang diracik dengan bumbu segar khas Thailand. Aromanya gurih dan rasa pedasnya menggugah selera. Nasi goreng tom yum diracik dengan bumbu seperti jeruk nipis, daun jeruk, lengkuas, cabai hingga serai. Paduannya seafood atau daging ayam.

Nasgor Enak dari Thailand, Nasi Goreng Nanas, Tom Yum dan Ayam BasilFoto: iStock

Baca Juga: Thai Addict: Makan Siang Mantap Pakai Kepiting Saus Kare dan Tom Yum Ayam

Versi berbeda hadir dari nasi goreng kuning Thailand. Sesuai namanya, nasi goreng ini berwarna kuning karena ditambahkan kunyit. Untuk bumbunya tak jauh berbeda dengan khao pad lain. Haya saja nasi goreng kuning umum ditambahkan udang.

Terakhir ada nasi goreng terasi ala Thailand. Namanya khao khluk sapi yang dibuat dengan terasi udang. Ada juga tambahan daging ayam atau daging babi. Pelengkapnya irisan mangga hijau yang asam, irisan cabai, mentimun, omelet, dan udang kering. Nasi goreng ini biasa dinikmati saat makan siang.



Simak Video "Pemkot Padang Akan Tertibkan Warung 'Neraka', Ini Salah Satunya"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)
FOKUS BERITA Ragam Olahan Nasi