Narapidana di Penjara Kerala Jual Nasi Briyani Combo Online

Riska Fitria - detikFood Jumat, 12 Jul 2019 11:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Ada hal unik yang terjadi di sebuah penjara di Kerala, India. Para narapidana di sana menjual nasi briyani combo secara online.

Apa yang pertama kali dipikirkan saat mendengar kata penjara?. Mungkin sebagian orang akan beranggapakan hal yang menyeramkan. Namun, berbeda dengan penjaga yang berada di Kerala.

Dikabarkan dari Storypick (11/7) penjara tersebut menjual nasi briyani combo yang dimasak langsung oleh narapidana yang ditahan di sana. Tentunya dengan pengawasan ketat dari pihak kepolisian. Uniknya lagi, makanan ini dijual secara online.
Narapidana di Penjara Kerala Jual Nasi Briyani Combo OnlineFoto: Istimewa

Ternyata nasi Briyani yang dijual tersebut sudah sangat populer. Satu porsinya dibanderol dengan harga 12 Rupee atau setara dengan Rp. 26.000. Dalam satu porsi terdiri dari nasi briyani sebanyak 300 gram, 1 potong paha ayam panggang, 3 chapati roti khas India, cupcake, salad, acar lengkap dengan air mineralnya.

Baca Juga : 5 Makanan Unik di Penjara, Mie Instan hingga Hasil Masakan Sendiri

Peristiwa ini bukan yang pertama kali terjadi di penjara Kerala. Sejak tahun 2011 silam, penjara ini sudah menjual berbagai makanan seperti nasi briyani, roti, dan kari. Makanan tersebut dijual melalui gerai-gerai yang ada di penjara.

Meskipun harganya murah, kualitas makanan yang dimasak para tahanan ini sangat baik. Maka tak heran banyak orang yang sudah berlangganan sejak lama. Bahkan, hingga saat ini para tahanan mampu menjual sebanyak 25.000 chapati dan lebih dari 500 porsi nasi briyani dalam seharinya.
Narapidana di Penjara Kerala Jual Nasi Briyani Combo OnlineFoto: Istimewa

Makanan-makanan tersebut dikerjakan langsung oleh 100 narapidana yang berada di penjara tersebut. Menariknya, pihak yang berwenang juga membuka salah satu penjara sentralnya untuk membiarkan orang lain tinggal selama sehari jika ingin merasakan kehidupan penjara.

Inisiatif unik tersebut merupakan bagian dari museum penjara yang ada di lokasi penjara pusat Viyyur di distrik Thrissur.

Baca Juga : Nasi Cadong, Makanan Jatah Penjara yang Enggan Dimakan Vanessa Angel

Simak Video "Kulineran Kaki Lima ala Singapura Tersedia di Jakarta Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)