Nasi Cadong, Makanan Jatah Penjara yang Enggan Dimakan Vanessa Angel

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 15 Mar 2019 14:45 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Vanessa Angel baru-baru ini menyebut mau mati saja karena tak mau makan nasi cadong. Sebenarnya apa itu nasi cadong?

Terjerat kasus UU ITE yang berkaitan dengan prostitusi online, artis cantik Vanessa Angel kini sudah sekitar 2 bulan mendekam di Polda Jatim. Mantan pacarnya, Bibi mengungkap kondisi Vanessa tidak baik karena ia pernah menyebut ingin mati saja pada pengacaranya.

Bibi menjelaskan Vanessa Angel mulai ogah mengonsumsi nasi cadong sehingga berkata seperti itu. "Bahkan kadang kini dia gak makan, mau mati saja! Kata lawyernya.. Ya Tuhan," tulis Bibi di Instagram.

Nasi Cadong, Makanan Jatah Penjara yang Enggan Dimakan Vanessa AngelFoto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom

Baca Juga: Vanessa Angel Mulai Ogah Makan Nasi Cadong, Disebut Ingin Mati Saja

Lalu sebenarnya apa itu nasi cadong? Nasi cadong merupakan nasi jatah penjara yang dibagikan pada narapidana. Nasi dengan aneka lauk ini disebut-sebut tak terlalu enak.

Lauknya bervariasi meski sederhana seperti ikan asin, tempe, terong, atau sayur kacang. Biasanya ada rotasi atau penambahan menu pada nasi cadong seperti lele goreng, telur rebus, olahan daging, atau pisang.

Konon porsi nasi cadong terbilang sedikit sehingga tidak terlalu mengenyangkan. Tekstur nasinya juga disebut-sebut pera karena dibuat dari beras bermutu rendah.

Nasi Cadong, Makanan Jatah Penjara yang Enggan Dimakan Vanessa AngelFoto: Istimewa

Meski begitu, pedangdut Syaipul Jamil yang pernah mendekam di penjara mengatakan kalau nasi bungkus ini enak. Ia bahkan lebih memilih nasi cadong dibanding makanan lain.

"Nasi cadong itu nasi anti kolesterol, nasi yang sehat. Dagingnya bebas kolestrol, dari nilai gizinya diperhatikan. Kalau sakit kan yang repot mereka. Daging sama sayurnya diolah dengan baik. Benar-benar kayak orang yang lagi dirawat di rumah sakit gitu," jelasnya.

Menurut mantan suami Dewi Persik itu, nasi cadong bahkan lebih enak dari pada nasi Padang. Apalagi, menurutnya makanan itu juga sehat untuk tubuhnya. "Nasi cadong, lebih enak ini dari nasi Padang," pungkasnya.

Baca Juga: Nasi Cadong, Makanan Saipul Jamil Selama di Penjara

(adr/odi)