Ragam Olahan Nasi

Beras Hitam hingga Beras Mutiara, Ini 5 Beras Unik dan Langka di Dunia

Devi Setya - detikFood Jumat, 12 Jul 2019 10:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Ragam Olahan Nasi
Jakarta - Ada beberapa jenis beras yang umum dijumpai di pasaran, tapi ada juga jenis beras langka yang unik. Beras ini masih bisa didapatkan dan dikonsumsi.

Setidaknya ada 5 jenis beras langka yang berasal dari berbagai belahan dunia. Ada yang warnanya hitam pekat dan ada juga yang berbentuk bulat seperti mutiara. Berikut 5 jenis beras unik di dunia.

1. Beras hitam
Beras Hitam hingga Beras Mutiara, Ini 5 Beras Unik dan Langka di Dunia Foto: iStock

Beras berwarna hitam pekat ini berasal dari Jepang dan diketahui ditemukan pada tahun 2500 sebelum masehi. Beras ini juga dikenal sebagai beras terlarang dan beras kaisar.

Tidak jelas apa yang menyebabkan beras ini berwarna hitam namun kabarnya beras ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Beras ini juga diyakini memiliki sifat antikanker dan antiinflamasi.

Beras hitam ini juga berbeda dengan beras biasa karena untuk memasaknya dibutuhkan waktu dua kali lebih lama. Namun nasi dari beras ini diketahui memiliki kalori dua kali lipat dari beras merah sehingga membuat orang lebih cepat kenyang.

Baca juga : Tak Asal Beras, Ada 4 Jenis Beras yang Bisa Jadi Pilihan

2. Beras Kalinga Jekot
Beras Hitam hingga Beras Mutiara, Ini 5 Beras Unik dan Langka di Dunia Foto: iStock

Beras kalinga jekot termasuk jenis beras ketan berwarna merah kecokelatan. Namun ketika dimasak, nasi yang dihasilkan akan berwarna ungu. Beras dari jenis padi langka ini tumbuh di desa terpencil di Kalinga, Filipina.

Di Filipina, beras ini dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan makanan tradisional. Selain warnanya menarik, beras ini juga tinggi antioksidan dan juga serat.

3. Beras Ifugao Diket
Beras Hitam hingga Beras Mutiara, Ini 5 Beras Unik dan Langka di Dunia Foto: iStock

Masih dari Filipina, beras Ifugo Diket juga jadi salah satu beras unik yang langka. Beras ini tumbuh di desa Banaue, Ifugao. Kawasan ini termasuk salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Di kawasan ini jenis padi langka bisa tumbuh dan dibudidayakan oleh masyarakat sekitar. Petani beras Ifugo Diket dibudidaya oleh keluarga secara turun temurun. Beras yang berbercak cokelat gelap ini diklaim mengandung banyak nutrisi dan vitamin. Tak heran jika beras ini dijual dengan harga tinggi.

4. Beras Jade Pearl
Beras Hitam hingga Beras Mutiara, Ini 5 Beras Unik dan Langka di Dunia Foto: iStock

Beras cantik ini tampak mewah dengan warna putih kehijauan. Beras jade pearl juga hadir dengan bentuk yang agak bulat kecil, jadi tak heran banyak orang menyebut beras ini sebagai beras mutiara giok.

Warna hijau pada beras ini berasal dari larutan sari bambu yang ditambahkan pada beras selama proses pengolahan. Bukan hanya jadi tampak cantik, beras ini juga mengandung klorofil dan berbagai vitamin. Selain itu, tambahan sari bambu membuat beras terasa lebih enak serta bersifat antibakteri.

5. Beras merah Colusari/Bhutan Red Rice
Beras Hitam hingga Beras Mutiara, Ini 5 Beras Unik dan Langka di Dunia Foto: iStock

Beras berwarna merah tua ini dikenal dengan sebutan beras merah colusari atau beras merah Bhutan. Awalnya jenis beras ini dianggap gulma tanaman tapi lambat laun beras ini justru jadi beras yang banyak diburu orang.

Beras merah colusari banyak dijadikan obat herbal di China. Penelitian sains juga membuktikan jika beras ini mengandung banyak serat, nutrisi dan antioksidan.

Menyantap nasi beras merah ini digadang-gadang bisa membantu meredakan penyakit asma, jantung, osteoporosis, obesitas hingga kolesterol. Nasi dari beras ini juga bisa diolah jadi aneka makanan.

Baca juga : Beras Artisan, Beras Berwarna Istimewa dan Mahal dari Jepang


Simak Video "Daun Pepaya, Rasa Pahit yang Kaya Manfaat Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)
FOKUS BERITA Ragam Olahan Nasi