Setelah Daging, Ilmuwan Kini Ciptakan 'Seafood' Berbahan Nabati

Shara Azzhara - detikFood Kamis, 11 Jul 2019 18:20 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Demi lingkungan dan masa depan bumi yang lebih baik, ilmuwan menciptakan daging di laboratorium. Hal sama kini juga diterapkan pada seafood.

Setelah ramai dihebohkan dengan burger berbahan daging buatan, kini Impossible Foods kembali mengembangkan inovasi yang mencengangkan. Para ilmuwan sedang mengembangkan seafood yang bebas dari produk seafood itu sendiri.

Menurut Laporan New York Times, perusahaan asal California yang telah mempopulerkan daging berbahan tumbuhan, kini melakukan hal serupa dengan seafood. "Satu-satunya cara kita dapat berhasil adalah dengan membuat ikan dari tumbuhan yang lebih lezat dari pada ikan yang diambil dari laut," ujar Pat Brown dari Impossible Foods.

Baca juga : Potongan Daging Buatan Lab Berhasil Dibuat Mirip Tekstur Sapi Asli
Setelah Daging, Ilmuwan Kini Ciptakan 'Seafood' Berbahan NabatiFoto: thinkstock
Impossible Foods telah melakukan pengembangan untuk menemukan dan menciptakan alternatif daging ikan dan makanan laut lainnya melalui resep berbasis tumbuhan atau mengembangbiakkan sel di laboratorium. Agar tercipta rasa semirip mungkin dengan seafood, Brown mengatakan bahwa perusahaan menggunakan heme, yakni protein yang juga digunakan dalam formula daging.

Heme dibuat dengan memfermentasikan ragi rekayasa genetika dan menyuntikannya dengan DNA dari tumbuhan kedelai. Hal ini dijelaskan melalui website resmi milik Impossible Foods.

Perusahaan Impossible Foods juga telah berhasil menemukan racikan kaldu nabati yang rasanya sangat mirip dengan kaldu ikan teri. Kaldu ini telah disempurnakan bulan lalu dan digunakan untuk membuat paella.

Dalam masa pengenalan burger tanpa daging sebelumnya, Impossible Foods juga telah menjelaskan bahwa mereka berkomitmen untuk merubah pola makan banyak orang. Perubahan ini dalam bentuk pengurangan dan penghilangan jumlah daging hewan dalam makanan yang dikonsumsi. Selain untuk alasan kesehatan, hal ini juga dilakukan demi mengurangi kepunahan hewan dan melestarikan lingkungan.
Setelah Daging, Ilmuwan Kini Ciptakan 'Seafood' Berbahan NabatiFoto: iStock

Produk seafood buatan yang sedang dikembangkan pun nampaknya sejalan dengan misi perusahaan. Mengingat populasi beragam jenis ikan di berbagai negara telah mengalami penurunan drastis.

Impossible Foods mengharapkan penggantian daging dengan bahan nabati di tahun 2035, juga melakukan berbagai kampanye. Salah satunya dengan mengganti daging Burger King dengan daging buatan melalui produk Impossible Whopper pada bulan April lalu.

Ternyata, perusahan ini bukanlah yang pertama dalam mengembangkan ikan buatan. Sebelumya, Good Catch telah menjual produk tuna berbahan dasar tumbuhan, sementara Wild Type telah mengembangkan salmon vegetarian menggunakan sel yang dikembangkan di laboratoium.

Baca juga : Jadi Alternatif Daging, Nangka Muda Kian Populer di Kalangan Vegetarian



Simak Video "Ikan Pari dan Sambal Rusep Khas Bangka Ada di Restoran Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)