Potongan Daging Buatan Lab Berhasil Dibuat Mirip Tekstur Sapi Asli

ADVERTISEMENT

Potongan Daging Buatan Lab Berhasil Dibuat Mirip Tekstur Sapi Asli

Dewi Anggraini - detikFood
Senin, 25 Mar 2019 19:50 WIB
Foto: Nissin/SoraNews24
Jakarta - Perusahaan mie instan cup ini buat pelengkap mie berupa daging dadu hasil rekayasa lab. Daging tersebut memiliki tekstur yang sama seperti daging sapi asli.

Nissin dan Japan Science and Technology Agency (JST) bekerjasama untuk membuat proyek daging hasil rekayasa lab. Projek itu dibuat sebagai salah satu solusi untuk menangani masalah sosial.

Potongan Daging Buatan Lab Berhasil Dibuat Mirip Tekstur Sapi AsliFoto: iStock

Saat ini, produksi daging mendekati titik puncaknya dan jika dipertahankan, kondisi lingkungan yang makin memburuk jadi konsekuensinya. Karena hal itu, para ahli di seluruh dunia tengah mencari alternatif lain di luar daging hewani. Contohnya beralih ke makanan berbasis serangga.

Meski begitu, ternyata ada hal lain yang bisa dilakukan yakni membuat daging lewat rekayasa laboratorium. Daging ini bukanlah daging ternak melainkan daging hasil pertumbuhan sel di laboratorium.

Baca juga:'Steak' Vegan Pertama di Dunia Ini Rasanya Diklaim Persis Daging Asli

Potongan Daging Buatan Lab Berhasil Dibuat Mirip Tekstur Sapi AsliFoto: Nissin/SoraNews24

Namun masalah utama pembuatan daging buatan ini umumnya terletak pada tekstur daging. Rata-rata daging hasil rekayasa sel lab memiliki tekstur yang tidak begitu mirip dengan tekstur daging sapi asli.

Dikabarkan SoraNews24 (22/3), hal itu agaknya berhasil dipecahkan oleh Nissin dan JST. Melalui metode baru, mereka percaya bahwa mereka telah menemukan cara untuk membuat beefsteak potong dadu dengan tekstur yang sama seperti daging sapi asli.

Potongan Daging Buatan Lab Berhasil Dibuat Mirip Tekstur Sapi AsliFoto: Nissin/SoraNews24

Sepertinya kuncinya terletak pada penambahan vitamin C dalam proses pembiakan. Vitamin C menyebabkan sel-sel daging terbentuk menjadi untaian serat panjang yang dikenal sebagai sarkoma. Anda bisa melihatnya dalam diagram otot dalam buku teks anatomi dan Titans Colossal.

Fakta lain juga terungkap, yakni jika membiakkan sel-sel sapi dalam lingkungan 3D gel kolagen dibanding di cawan petri datar justru menambah kemungkinan untuk menumbuhkan 'potongan daging sapi' yang relatif tebal.

Potongan Daging Buatan Lab Berhasil Dibuat Mirip Tekstur Sapi AsliFoto: Nissin/SoraNews24

Mendengar kesuksesan Nissin dan JST, para penikmat mie instan cup menunjukkan beragam reaksi dari netizen.

Ada yang menyebutnya sebagai terlihat seperti permen. Ada yang mengatakanNissin telah melakukan banyak hal konyol apakah serius atau tidak.

Meski begitu ada seorang netizen yang mendukung terciptanya daging hasil lab ini. "Membuat daging yang dibudidayakan dengan struktur jaringan asli merupakan hal yang kita butuhkan agar menjadi hal yang nyata saat ini."

Potongan Daging Buatan Lab Berhasil Dibuat Mirip Tekstur Sapi AsliFoto: Memphis Meats

Sebenarnya, di tahun 2017 lalu perusahaan startup bidang teknologi pangan asal Francisco, Memphis Meats dan Mosa Meat, juga pernah perkenalkan sajian ayam fillet hasil pertumbuhan sel unggas dalam cawan petri pertama.

Menurut Memphis Meats, daging ayam ditumbuhkan dari sel unggas yang dapat membiakkan diri sendiri di laboratorium. Proses ini berlangsung tanpa telur atau menyakiti unggas sama sekali.

Baca juga: Ini Sajian Daging Ayam dan Bebek Hasil Rekayasa Sel di Lab (dwa/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT