Ragam Olahan Nasi

5 Racikan Nasi Malaysia Ini Gurih Pedasnya Bikin Nagih

Riska Fitria - detikFood Selasa, 09 Jul 2019 14:15 WIB
Foto: Instagram
FOKUS BERITA Ragam Olahan Nasi
Jakarta - Malaysia juga punya ragam racikan nasi enak. Dipadu dengan ikan goreng hingga aneka lauk yang pedas gurih.

Menjadi makanan pokok orang Asia, nasi sering di kreasikan jadi olahan yang super enak. Seperti di Malaysia yang punya sajian nasi mulai dari Nasi Kandar hingga nasi dagang. Masing-masing punya keunikan rasa.

Baca Juga : Ke Malaysia, Menlu Retno Masurdi Cicipi Nasi Kerabu Racikan Warung

1. Nasi Kerabu
5 Racikan Nasi Malaysia Ini Gurih Pedasnya Bikin NagihFoto: Instagram @masakwithpassion

Nasi Kerebu adalah sajian khas Malaysia yang berasal dari wilayah pesisir timur di Malaysia. Nama Kerabu sendiri memiliki arti campuran daun mentah dan ulam. Jenis nasi ini mendapat pengaruh dari China, dan Thailand. Nasi Kerabu memiliki ciri pada nasinya yang berwarna biru dari pemakaian bunga telang.

Selain itu aromanya juga sangat harum karena diolah dengan beragram daun rempah yang segar seperti, bunga kecombrang, daun kesum, daun kaduk, daun pegagan, daun kunyit dan daun kencur. Lauk pauknya juga sangat beragram mulai dari ikan asin goreng, kelapa palut, ayam goreng, talur asin kerupuk hingga saus yang terbuat dari ikan bilis. Saus tersebut dikenal sebagai saus budu.

2. Nasi Kandar
5 Racikan Nasi Malaysia Ini Gurih Pedasnya Bikin NagihFoto: Instagram @the.lucky.belly

Jika di Indonesia terkenal dengan nasi rames, maka di Malaysia terkenal dengan nasi kandarnya. Sajiannya hampir serupa, yaitu dengan nasi putih dan beragam lauk pauk seperti ayam, cumi, udang dan sayuran. Yang membedakan adalah pada bumbu nasi kandar yang dibuat mirip seperti bumbu kari.

Kata kandar memiliki arti 'memikul', jadi nasi kandar diartikan sebagai nasi yang dipikul. Penjual nasi kandar biasanya menjual nasi in dengan cara dipukul di bahu. Biasanya orang Malaysia menjadikan nasi kandar sebagai menu usarapan setiap pagi.

3. Nasi Dagang
5 Racikan Nasi Malaysia Ini Gurih Pedasnya Bikin NagihFoto: Instagram @malayfoodlicious

Menyerupai naik uduk, nasi dagang di Malaysia biasanya disantap dengan lauk gulai ikan yang kental, acar, serundeng lengkap dengan telur rebus. Nasinya dibuat dari campuran beras dan beras ketan yang dimasak bersama santan.

Aromanya harum dan rasanya pun gurih. Uniknya nasi ini disajikan dengan menggunakan daun pisang. Dinamakan nasi dagang karena awalnya nasi ini sering dijadikan bekal bagi para pedagang. Biasaya nasi ini disajikan oleh orang Kelantan dan Trengganu di Malaysia saat Idul Fitri di pagi hari.

4. Nasi Pattaya
5 Racikan Nasi Malaysia Ini Gurih Pedasnya Bikin NagihFoto: Instagram @foodishpedia/ Jani Caturini

Nasi pattaya merupakan sajian nasi goreng. Yang unik dari nasi ini adalah cara penyajiannya. Nasi goreng yang dicampur ayam ini dibungkus dalam telur dadar. Sama seperti pada nasi goreng biasanya, nasi patta dihidangkan dengan acar mentimun, kerupuk dan saus.

Nasi goreng pattaya dimasak menggunakan resep bumbu yang diracik Malaysia sendiri. Sekilas pada tampilan nasi ini mirip sajian omurice dari Jepang. Namun bedanya, nasi goreng pattaya menggunakan bumbu kecap, sedangkan omurice menggunakan saus tomat saat menggoreng nasinya.

5. Nasi Lemak
5 Racikan Nasi Malaysia Ini Gurih Pedasnya Bikin NagihFoto: Instagram @sbsfood

Nasi lemak merupakan salah satu kuliner khas Malaysia yang sangat terkenal. Nasi lemak dimasak dengan menggunakan santan kelapa sehingga rasanya gurih. Awalnya nasi lemak biasa disajikan dengan lauk pauk seperti telur rebus atau goreng, irisan mentimun, ikan bilis goreng, teri goreng dan sambal.

Namun kini banyak dikreasikan dengan ayam, daging, sotong, cumi-cumi dan sate. Nama Lemak pada nasi lemak berasal dari bahasa Melayu yang merujuk pada tekstur berminyak dan rasa gurih yang dihasilkan dari santan itu sendiri.

Baca Juga : Nasi Dagang,Sarapan Asyik dari Negeri Jiran

Simak Video "Bikin Laper: Lahap Makan Nasi Lemak dengan Aneka Lauk"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)
FOKUS BERITA Ragam Olahan Nasi

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com