Ke Malaysia, Menlu Retno Masurdi Cicipi Nasi Kerabu Racikan Warung

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 23 Nov 2018 10:30 WIB
Foto: nstagram @retno_masurdi Foto: nstagram @retno_masurdi
Kuala Lumpur - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sering mencicipi berbagai kuliner dari negara yang dikunjunginya. Kali ini beliau memilih nasi kerabu yang khas dari Malaysia.

Beberapa hari lalu Retno Masurdi berkunjung ke Malaysia untuk menghadiri pertemuan bilateral tahunan, atau Joint Commission for Bilateral Cooperation (JCBC) Indonesia - Malaysia. Sebelum itu, Retno sempat mengajak timnya untuk makan siang di warung makan yang punya sajian nasi kerabu.

Baca Juga: Ini Bukti Menlu Retno Marsudi Sering Promosikan Kuliner Indonesia
Ke Malaysia, Menlu Retno Masurdi Cicipi Nasi Kerabu Racikan WarungFoto: Instagram @retno_masurdi
Aktivitas makan siang ini ia unggah lewat akun Instagramnya.

"Sebelum menghadiri pertemuan JCBC Indonesia - Malaysia, saya dan tim menyantap hidangan lokal yang lezat. Nasi Kerabu di warung makan sederhana di Kuala Lumpur," tulisnya.

Nasi kerabu sendiri merupakan hidangan khas Malaysia, yang berasal dari wilayah pesisir timur Malaysia seperti Kelantan dan Terengganu. Hidangan ini masuk ke dalam kuliner peranakan, yang dibawa oleh imigran China pada abad 15 ke Kelantan.
Ke Malaysia, Menlu Retno Masurdi Cicipi Nasi Kerabu Racikan WarungFoto: Instagram @retno_masurdi
Selain pengaruh dari kuliner China, hidangan yang satu ini juga dipengaruhi oleh kuliner Thailand yang dibawa oleh para imigran dari sana.

Ciri khas nasi kerabu terletak pada nasi berwarna biru, yang menggunakan kelopak bunga telang. Selain warna biru dari nasi, ciri khas nasi kerabu lainnya adalahi aroma harum yang khas. Kerabu memiliki arti campuran daun mentah, atau ulam.

Nah, aroma nasi kerabu ini muncul dari beragam daun rempah segar yang digunakan. Seperti bunga kecombrang, daun kesum, daun kaduk, daun pegagan, daun kunyit, hingga daun kencur.
Ke Malaysia, Menlu Retno Masurdi Cicipi Nasi Kerabu Racikan WarungFoto: Instagram @retno_masurdi
Biasanya nasi kerabu disajikan dengan berbagai lauk, seperti ikan asin goreng, kelapa parut, ayam goreng, telur asin, kerupuk hingga campuran saus yang terbuat dari ikan bilis atau disebut sebagai saus budu.

Tapi aneka lauk ini bisa menyesuaikan selera. Lauk yang populer untuk tambahan nasi kerabu, ada laksam. Laksam merupakan mie dari tepung beras, yang disajikan dengan saus ikan kacang mirip seperti bihun.
Ke Malaysia, Menlu Retno Masurdi Cicipi Nasi Kerabu Racikan WarungFoto: Instagram @retno_masurdi
Ada juga ayam percik, sejenis ayam bakar yang dilumuri bumbu kelapa dan aneka rempah lainnya. Terakhir ada ketiupat sontong, hidangan cumi yang diisi dengan beras ketan dan dimasak menggunakan santan.

Kalau di Malaysia, kisaran harga nasi kerabu ini harganya dimulai RM5.00 (Rp. 17.500,-). Mulai dari restoran, hingga warung makan sederhana menjual hidangan ini.

Melihat unggahan makan siang milik Retno, membuat banyak netizen penasaran di mana kedai yang dikunjungi Retno.
Ke Malaysia, Menlu Retno Masurdi Cicipi Nasi Kerabu Racikan WarungFoto: Instagram

"Ini kayaknya di salah satu warung nasi kerabu di Kampung Baru," tutur netizen @abdunafan.

Sementara itu netizen yang lain lebih fokus dengan gaya makan Menlu Retno yang sederhana.

"Ya Allah, Seorang Menteri Luar Negeri, makan di warung sederhana. Jauh dari kesan kemewahan, saya bangga Bu Retno. Sehat selalu ya Bu," pungkas netizen lainnya.


Tonton juga 'Memilih Makanan Halal Di Malaysia':

[Gambas:Video 20detik]



Ke Malaysia, Menlu Retno Masurdi Cicipi Nasi Kerabu Racikan Warung


Baca Juga: Makanan Tradisional Indonesia Bisa Jadi Alat Diplomasi yang Jitu (sob/odi)