Super Jumbo! Ikan Mas 105 Kg Berhasil Ditangkap di Thailand

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 09 Jul 2019 12:45 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Ikan mas biasanya hanya seukuran tangan, tapi yang satu ini ukurannya super jumbo. Berat ikan mas bahkan diperkirakan mencapai 105 kg!

Seorang pria asal Inggris mendapat hasil pancingan istimewa bulan lalu di Thailand. Ia dikejutkan dengan ikan mas seberat 232 pound atau sekitar 105 kg. Saking besarnya, ikan mas ini disebut-sebut sebagai ikan mas terbesar di dunia yang pernah ditangkap.

Adalah John Harvey yang memancing di sebuah danau di Thailand pada Juni 2019. Ia mendapat ikan mas jumbo yang merupakan jenis Siamese. "Hari itu sebenarnya cukup sepi untuk memancing. Lalu sekitar pukul 4.30 sore, pancingan itu disaring sehingga saya berlari ke pancingan dan langsung merasa ikan tangkapan sangat besar," kata Harvey.

Super Jumbo! Ikan Mas 105 Kg Berhasil Ditangkap di ThailandFoto: Istimewa

Baca Juga: Tingginya 194 cm dengan Bobot 1,4 Ton, Sapi Jumbo Ini Jadi Terkenal

Dikutip dari Fox News (9/9), Harvey mengatakan ia sudah berpengalaman memancing. Karenanya ia tahu apakah hasil tangkapannya besar atau tidak dari umpan yang dipakai.

Ia melanjutkan, "Ikan itu sangat lambat, keras, dan berat." Harvey pun harus bertahan selama 1 jam 20 menit dalam suasana yang cukup menegangkan. Usahanya tak sia-sia sebab ikan tangkapan Harvey kabarnya melebihi rekor sebelumnya yang hanya 100 pound atau sekitar 45 kg.

Pria yang telah tinggal 14 tahun di Thailand itu mengajak orang-orang untuk tidak membuat kesimpulan begitu saja. Harvey mengatakan, "Hal itu menakjubkan. Saya belum pernah menangkap ikan mas yang beratanya lebih dari 45 kg sebelumnya. Saya hanya ingin keluar dan menikmatinya."

Super Jumbo! Ikan Mas 105 Kg Berhasil Ditangkap di ThailandFoto: Istimewa

Ia melanjutkan, "Orang-orang bepergian ke seluruh dunia mencoba memancing ikan terbesar, namun hal itu membuat memancing jadi tidak menyenangkan." Dengan kata lain Harvey mengatakan mendapat ikan berukuran jumbo adalah sebuah bonus bukan tujuan.

Baca Juga: Inikah Alpukat Paling Besar dan Berat di Dunia?

Sebelumnya, dua remaja asal South Dakota, Amerika Serikat mendapat ikan lele yang juga besar. Beratnya mencapai lebih dari 10 kg dengan bentuk memanjang dan warna hitam pekat.

Super Jumbo! Ikan Mas 105 Kg Berhasil Ditangkap di ThailandFoto: Istimewa

Kepada Fox News (9/7), Cody Secheser dan Isaac Kipp mendapat ikan lele jumbo ini di perairan dangkal di Skunk Creek. Keduanya tidak memancing melainkan memanah ikan itu. Seperti diketahui "archery catfishing" merupakan kategori baru dalam ajang South Dakota Game, Fish and Parks.

"Selama dua jam (setelah penangkapan), saya pikir saya sedang bermimpi. Bahkan sepertinya itu tidak nyata. Sejujurnya, saya bahkan tidak tidur di malam pertama," pungkas Sechser.



Simak Video "Resep Ayam Geprak"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)